Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riset Goldman Sachs: Kebijakan Bank Sentral Tak Akan Memicu Resesi Ekonomi

Goldman memperkirakan sejumlah negara yang pertama melakukan pengetatan moneter tidak ada yang menunjukkan tanda-tanda resesi.
Goldman Sachs./Bloomberg
Goldman Sachs./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Goldman Sachs Group Inc. mengatakan kebijakan bank sentral sejumlah negara yang menaikkan suku bunga acuan untuk menekan inflasi tidak akan memicu resesi selama tahun depan.

Dilansir Bloomberg pada Senin (22/8/2022), Goldman memperkirakan sembilan negara yang pertama melakukan pengetatan moneter tidak ada yang menunjukkan tanda-tanda resesi mengingat pasar tenaga kerja mereka terus bertahan.

Negara-negara yang dimaksud termasuk sebagian besar negara berkembang di Amerika Latin dan Eropa tengah dan timur, serta Selandia Baru,

Goldman mengatakan ada tiga faktor utama yang mendukung hal ini, yaitu neraca yang kuat mendukung penarikan kelebihan simpanan dan pertumbuhan kredit konsumen yang cepat, permintaan tenaga kerja yang telah mendukung pertumbuhan lapangan kerja di beberapa negara, dan pembukaan perekonomian yang masih mendorong pertumbuhan.

Pasar tenaga kerja yang terlalu panas dan nilai tukar yang melemah menjadi sentimen negatif, meskipun ada beberapa bukti bahwa krisis rantai pasokan mereda dan inflasi inti diperkirakan telah memuncak di sebagian besar negara.

Meskipun terlalu dini untuk mengatakan apakah negara-negara yang menaikkan suku bunga lebih awal akhirnya akan mengalami kontraksi ekonomi, bukti sejauh ini menunjukkan bahwa negara ini diperkirakan dapat menghindari hard landing.

"Ketahanan mereka mendukung perkiraan kami bahwa tidak ada negara ekonomi utama yang akan memasuki resesi karena pengetatan kebijakan moneter selama tahun depan," tulis tim ekonom Goldman yang dipimpin oleh Jan Hatzius, dikutip Bloomberg Senin (22/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper