Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

IKN Pindah, PUPR: Kebutuhan Hunian di Kaltim Melonjak

Kementerian PUPR mendorong pembangunan hunian vertikal untuk memenuhi kebutuhan hunian untuk ASN dan masyarakat di IKN Nusantara.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  19:11 WIB
IKN Pindah, PUPR: Kebutuhan Hunian di Kaltim Melonjak
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022). - Antara @nyoman_nuarta\\r\\n\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung berbagai program perumahan untuk masyarakat khususnya pembangunan hunian vertikal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan kehadiran IKN Nusantara akan memicu kebutuhan banyak hunian untuk masyarakat, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pembangunan IKN Nusantara juga berdampak pada kebutuhan hunian masyarakat dan ASN. Selain membangun hunian kita juga tetap perlu menjaga lingkungan agar asri sesuai dengan desain IKN Nusantara yakni smart and green city," kata Iwan dalam keterangan resminya, Senin (22/8/2022).

Iwan pun mendorong penghijauan kawasan di sekitar wilayah IKN dengan melakukan penanaman pohon di rumah susun (rusun) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Iwan mengatakan program tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022. Pihaknya menggalakkan program penanaman pohon penghijauan yang dibangun untuk masyarakat dan ASN.

"Saya melihat secara fasilitas Rusun yang dibangun oleh pemerintah sudah baik dan berkualitas, tapi kami juga ingin mempercantik Rusun seperti rumah kita sendiri agar tidak terasa panas dengan menanam pohon penghijauan dan tanaman buah agar bisa dipanen apabila buahnya sudah matang," ujarnya.

Menurut Iwan, di rusun satu tower dengan tinggi 4 lantai tersebut memiliki 44 unit hunian tipe 45. Penanaman pohon dapat meminimalisir udara panas dan meningkatkan kualitas udara sehingga penghuni rusun dapat lebih nyaman. 

Adapun, pohon yang ditanam antara lain pohon Ketapang Kencana dan tanaman buah seperti mangga serta pohon Lai.

Sebagai informasi, Rusun BBPJN yang ditanami pohon tersebut berlokasi di Jalan Proklamasi, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN ibu kota negara rusun hunian hunian vertikal
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top