Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apresiasi Pertumbuhan Investasi, Jokowi: 52 Persen Berada di Luar Jawa

Presiden Jokowi menyampaikan pertumbuhan investasi di luar Pulau Jawa menandakan perekonomian Indonesia tumbuh pesat dan merata.
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya saat menghadriri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022,  di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO/HO-Setpres-Agus Suparto
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya saat menghadriri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO/HO-Setpres-Agus Suparto

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ekonomi Indonesia tumbuh pesat dan merata. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan investasi yang meningkat tajam di Luar Jawa.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato dalam rangka hari Ulang Tahun RI ke-77 di Ruang Sidang Paripurna MPR/DPR, Jakarta pada Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan pemerintah terus melakukan reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha. Demikian halnya dengan ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM.

"Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, dimana 52 persen diantaranya berada di Luar Jawa," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, pertumbuhan investasi di Luar Jawa tumbuh 52 persen dengan realisasi investasi sebesar Rp157,1 triliun pada kuartal II/2022. Sementara, untuk Pulau Jawa, realisasi investasi mencapai Rp145,1 triliun atau tumbuh 48 persen.

Tak hanya pertumbuhan investasi, hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri juga terus tumbuh pesat. Hal tersebut, menurut dia, menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tumbuh pesat dan merata.

"Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper