Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apresiasi Pertumbuhan Investasi, Jokowi: 52 Persen Berada di Luar Jawa

Presiden Jokowi menyampaikan pertumbuhan investasi di luar Pulau Jawa menandakan perekonomian Indonesia tumbuh pesat dan merata.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  11:57 WIB
Apresiasi Pertumbuhan Investasi, Jokowi: 52 Persen Berada di Luar Jawa
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya saat menghadriri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO - HO/Setpres/Agus Suparto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ekonomi Indonesia tumbuh pesat dan merata. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan investasi yang meningkat tajam di Luar Jawa.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato dalam rangka hari Ulang Tahun RI ke-77 di Ruang Sidang Paripurna MPR/DPR, Jakarta pada Selasa (16/8/2022).

Dia mengatakan pemerintah terus melakukan reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha. Demikian halnya dengan ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM.

"Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, dimana 52 persen diantaranya berada di Luar Jawa," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, pertumbuhan investasi di Luar Jawa tumbuh 52 persen dengan realisasi investasi sebesar Rp157,1 triliun pada kuartal II/2022. Sementara, untuk Pulau Jawa, realisasi investasi mencapai Rp145,1 triliun atau tumbuh 48 persen.

Tak hanya pertumbuhan investasi, hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri juga terus tumbuh pesat. Hal tersebut, menurut dia, menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tumbuh pesat dan merata.

"Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi investasi Pertumbuhan Ekonomi Sidang Tahunan MPR
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top