Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AirAsia Buka Rekrutmen Driver Ojol di Indonesia? Cek Faktanya!

AirAsia Super App Indonesia merespons adanya kabar mengenai rekrutmen driver ojol bagi AirAsia Ride di Tanah Air.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  14:43 WIB
AirAsia Buka Rekrutmen Driver Ojol di Indonesia? Cek Faktanya!
Pengemudi ojek online menunjukan aplikasi digawainya saat menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - AirAsia Super App Indonesia membantah sejumlah kabar yang beredar mengenai rekrutmen driver ojek online (ojol) untuk AirAsia Ride di Indonesia.

Berdasarkan siaran pers AirAsia Super App Indonesia, Senin (15/8/2022), perusahaan belum membuka rekrutmen driver ojol di Tanah Air.

"Perusahaan merasa senang terhadap besarnya antusiasme masyarakat Indonesia untuk bergabung bersama keluarga besar airasia Super App sebagai mitra pengemudi internal," tulis AirAsia Super App Indonesia.

Adapun proses rekrutmen mitra pengemudi internal baru diberlakukan pada airasia Super App Malaysia untuk layanan airasia food dan xpress (roda dua).

"Kami akan menyampaikan kepada publik lebih lanjut jika terdapat informasi terbaru dari bisnis airasia Super App di Indonesia,” tutup perusahaan.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mendapatkan informasi soal isu AirAsia yang akan menghadirkan layanan ride hailing atau ojek online di Indonesia.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan sejauh ini belum ada informasi lanjutan dari AirAsia mengenai wacana menghadirkan layanan ojek online di Tanah Air.

"Belum ada informasi lebih lanjut dari AirAsia," kata Adita, Senin (15/8/2022).

Dia menyebut skema perizinannya nanti akan dimulai dari perusahaan mendaftarkan sistemnya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), baru kemudian dilanjutkan dengan adanya ketentuan perhubungan di Kemenhub.

Layanan AirAsia Ride tersebut baru beroperasi di Malaysia, tetapi belum meluncur di Indonesia. Adapun, mereka menawarkan iming-iming keuntungan bagi calon driver.

Berdasarkan laman resmi AirAsia driver, sejumlah manfaat yang didapatkan antara lain, biaya jasa aplikasi yang lebih rendah, yakni biaya komisi cuma 15 persen.

Selain itu, ada manfaat Allstar untuk menikmati fasilitas penerbangan, makanan, dan kursus. Terakhir, skema insentif yang lebih banyak usai driver mencapai tujuan mingguan.

AirAsia akan menawarkan gaji tetap bulanan untuk para driver ojol di Malaysia. Menurut laporan, besaran gaji yang ditawarkan mulai dari RM 3.000 per bulan atau setara dengan Rp10 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia Ojek Online Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top