Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Ungkap Jasa Jokowi Terkait Ekspor Gandum Ukraina ke Turki

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan jasa Presiden Jokowi di balik terlaksananya ekspor gandum Ukraina ke Turki.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  15:23 WIB
Airlangga Ungkap Jasa Jokowi Terkait Ekspor Gandum Ukraina ke Turki
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan paparan saat acara Bisnis Indonesia Award (BIA) 2022 di Jakarta, Senin (15/8/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan jasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berdampak pada dibukanya keran ekspor gandum dari Ukraina ke Turki.

Airlangga mengatakan dimulainya ekspor gandum asal Ukraina tidak terlepas dari pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, berkat diplomasi yang dilakukan Bapak Presiden [Jokowi] dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin, itu membuka jalur ekspor pangan dari rute Odessa ke Turki," ujarnya dalam acara Bisnis Indonesia Award 2022, Senin (15/8/2022).

Airlangga mengatakan rencana ekspor pangan, di tengah perang Rusia vs Ukraina, memang dibicarakan Jokowi ketika bertemu dengan Zelensky dan Putin.

Hal tersebut lantas ditindaklanjuti oleh Sekjen PBB dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sehingga gandum mulai bergerak.

Menurutnya, Ukrainan memiliki stok stok gandum sebanyak 20 juta ton dan yang diproduksi 50 juta ton. Sementara itu, Airlangga mengatakan Rusia memiliki lebih dari 100 juta ton.

Airlangga menuturkan Indonesia sendiri telah mengimpor 11,7 juta ton gandum dunia.

"Dua negara itu produksi gandumnya mendekati 207 juta, sehingga sangat matters berpengaruh terhadap harga gandum dunia," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Indonesia Award airlangga hartarto Jokowi Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top