Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Janet Yellen Bantah Ekonomi AS Resesi Saat Ini, Akui Ada Perlambatan

Menteri Keuangan AS membantah ekonomi AS telah resesi saat ini. Dia mengakui ada perlambatan ekonomi.
Menteri Keuangan perempuan pertama di Amerika Serikat Janet Yellen/ Bloomberg
Menteri Keuangan perempuan pertama di Amerika Serikat Janet Yellen/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen membantah bahwa ekonomi Amerika Serikat telah memasuki resesi saat ini. Meski demikian, dia mengakui ada perlambatan dan pemerintah perlu menjinakkan inflasi pada semester I/2022.

"Kami memang melihat perlambatan pertumbuhan yang signifikan. Namun, resesi yang sebenarnya adalah "pelemahan ekonomi yang luas. Bukan [resesi] itu yang kita lihat sekarang," ujar Yellen seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/7/2922).

Dia juga tetap optimis ketika ditanya apakah perjuangan Federal Reserve (The Fed) melawan inflasi pasti akan menyebabkan kenaikan serius pada tingkat pengangguran di AS, yang masih berada di 3,6 persen.

Menurutnya, pasti ada jalan untuk menurunkan inflasi sambil mempertahankan pasar tenaga kerja yang kuat," imbuhnya.

"Itu bukan kepastian yang bisa dilakukan, tapi saya percaya ada jalan untuk mencapai itu," ucapnya.

Yellen berulang kali menekankan bahwa ekonomi AS telah memberi tanda-tanda yang positif, menunjuk pada penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan, keuangan rumah tangga yang kuat, keuntungan dalam belanja konsumen dan pertumbuhan bisnis.

"ekerjaan naik 1,1 juta pekerjaan pada kuartal kedua, kontras dengan rata-rata kehilangan 240.000 dalam tiga bulan pertama dari resesi terakhir," katanya.

Dia telah berbicara beberapa jam setelah data menunjukkan ekonomi AS menyusut untuk kuartal kedua berturut-turut. Tingkat suku bunga yang lebih tinggi memperlambat investasi bisnis dan permintaan perumahan.

Menurutnya, kondisi pasar tenaga kerja sangat ketat dan mungkin menjadi sumber beberapa tekanan inflasi. Yellen juga menekankan kontribusi penting dari biaya makanan dan energi, didorong oleh perang di Ukraina, dan kemacetan rantai pasokan terhadap inflasi secara keseluruhan di seluruh dunia.

Data terbaru memicu perdebatan tentang apakah AS telah tergelincir ke dalam jurang resesi. Pasalnya, selama dua kuartal berturut-turut kontraksi ekonomi telah terjadi jika merujuk sesuai dengan definisi luas dari resesi "teknis".

"Menurunkan inflasi adalah prioritas utama bagi pemerintahan. Kenaikan harga konsumen "kemungkinan akan turun di hari-hari mendatang," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper