Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Permutakhiran Data PNS, BP Tapera Gelar Program Gelegar Rezeki

Saat ini jumlah peserta yang tercatat aktif Tapera sebanyak 4.075.814 peserta. 
Tapera/Istimewa
Tapera/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah melakukan pemutakhiran data sebanyak 1.088.174 peserta khusus PNS. 

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro mengatakan saat ini jumlah peserta yang tercatat aktif Tapera sebanyak 4.075.814 peserta. 

Diharapkan dengan adanya upaya ini, sisa peserta aktif yang belum melakukan pemutakhiran data dapat segera dilakukan dengan melakukan updating data di portal kepesertaan Sitara sesuai dengan amanah PP No.25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat. 

Para pemberi kerja dan peserta pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya. 

Salah satu upaya yang dilakukan BP Tapera yakni dengan menggelar pengundian perdana Gelegar Rezeki Tapera yang diselenggarakan dalam rangka percepatan pemutakhiran data (khusus PNS/ASN), program ini digelar sejak April 2022. Adapun pengundian perdana ini diikuti oleh 952.906 peserta.

“Ditargetkan dengan adanya program Gelegar Rezeki Tapera ini, 80 persen dari peserta yang tercatat aktif bisa melakukan pemutahiran data,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (29/7/2022). 

Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapat menikmati beberapa manfaat antara lain pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil. 

Selain itu, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun syariah dan bagi kepesertaan bagi yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kepemilikan rumah (KPR), pembangunan rumah dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif. 

Tak hanya itu, juga bisa menentukan bank pencairan tabungan ketika nanti pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

“Langkah ini kami lakukan sebagai upayapendorong para eserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmatimanfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi MBR. Silakan kunjungiwebsite resmi kami www.tapera.go.id untuk informasi lebih lanjut terkait denganprogram Gelegar Rezeki Tapera ini dan raih peluang yang ada,” tuturnya. 

Rencananya, Gelegar Rezeki Tapera ini akan berlangsung sebanyak 3 periode, yaitu pemutakhiran data yang dilakukan April –Juni 2022 yang diundi di bulan Juli 2022. 

Lalu pemutakhiran data yang dilakukan Juli hingga September 2022 yang akan dilakukan pengundian di bulan Oktober 2022. 

Untuk pemutakhiran data yang dilakukan Oktober hingga Desember 2022 maka akan diundi di bulan Januari 2023 serta diikuti pengundian grand prize di periode yang sama.

“Bagi peserta yang telah melakukanpemutakhiran data melalui sitara.tapera.go.id/peserta/login sejak 1 April 2022, maka secara otomatis peserta tersebut dapat mengikuti program reward,“ kata Eko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper