Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PM Jepang Janji Cairkan 43,6 Miliar Yen untuk Proyek PLTA di Aceh

PM Jepang Fumio Kishida akan mencairkan pinjaman 43,6 miliar Yen untuk proyek PLTA di Aceh.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  18:53 WIB
PM Jepang Janji Cairkan 43,6 Miliar Yen untuk Proyek PLTA di Aceh
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kanan) menyampaikan keterangan pers usai pertemuan bilateral di kediaman resmi PM Jepang, Tokyo, Jepang, Rabu (27/7/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan negaranya sedang memproses pinjaman sebesar 43,6 miliar yen untuk menyelesaikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan di Aceh, Indonesia.

Kishida mengatakan pinjaman tersebut merupakan salah satu program kerja sama di bidang infrastruktur antara kedua negara tersebut.

"Saya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Jepang sedang dalam memproses pinjaman yen sebesar kurang lebih 43,6 miliar yen untuk proyek bidang mitigasi bencana dan juga untuk perampungan PLTA Peusangan," ujar Kishida pada keterangan pers dengan Presiden Joko Widodo di Tokyo, dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden RI, Rabu (27/7/2022).

Berdasarkan catatan Bisnis, PLTA yang berada di Aceh Tengah itu ditargetkan bisa mendistribusikan energi bagi daerah sekitar pada 2023. PLTA itu mampu menghasilkan listrik sebesar 88 megawatt.

Selain itu, Kishida turut mengonfirmasi kepada Jokowi terkait dengan  mendorong kerja sama yang lebih erat untuk mewujudkan komunitas emisi nol Asia. Kerja sama tersebut meliputi bidang dekarbonisasi dan energi.

Pria yang memimpin Partai Liberal Demokratik sejak 2021 ini juga menyampaikan bahwa banyak perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia, pada sektor energi, otomotif, keamanan pangan, dan perkembangan perusahaan rintisan (startup).

"Kami mengonfirmasi untuk bekerja sama lebih lanjut," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Preside  Jokowi juga meminta agar Jepang mempercepat penyelesaian sejumlah proyek seperti perluasan Pelabuhan Patimban sekaligus Jalan Tol Akses Patimban, kawasan industri di Papua Barat, proyek MRT Fase lanjutan, dan komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela.

"Saya menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia dan sangat menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu, dan mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang," tutup Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plta jepang pm jepang
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top