Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Astindo: Transaksi Tiket Pesawat Semester I/2022 Capai Rp1,7 Triliun

Astindo menyebut nilai transaksi penjualan tiket pesawat dari travel agent telah mencapai Rp1,7 triliun pada semester I/2022.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  13:27 WIB
Astindo: Transaksi Tiket Pesawat Semester I/2022 Capai Rp1,7 Triliun
Calon penumpang mencari informasi penerbangan di salah satu pameran wisata di Jakarta, Minggu (1/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Industri pariwisata sektor agen perjalanan atau travel agent mulai menunjukkan geliat positif pada semester I/2022 dengan capaian transasksi penjualan tiket pesawat sebesar Rp1,7 triliun.

Ketua DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengungkapkan bahwa pertumbuhan travel agent sudah membaik dan meningkat secara konsisten. 

“Penjualan tiket pesawat meningkat dari sekitar Rp450 miliar [Januari 2022], pada Juni sudah mencapai Rp1,7 triliun,” ujarnya, Senin (25/7/2022). 

Pauline yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) tersebut mengatakan bahwa wisatawan nusantara (wisnus) yang mendominasi pembelian tiket. 

Capaian tersebut sejalan dengan banyaknya libur sekolah dan korporasi yang mulai mengadakan beragam kegiatan. 

“Wisnus masih lebih banyak, terlebih karena liburan sekolah dan juga korporasi sudah banyak yang mengadakan kegiatan,” lanjutnya. 

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, per Mei 2022 jumlah penumpang angkutan udara domestik naik 40,41 persen month-to-month/mtm atau sebanyak 19,8 juta orang. Sementara jumlah penumpang internasional sebanyak 1,1 juta orang. 

Adapun, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara/wisman ke Indonesia pada Mei 2022 mencapai 212.330 kunjungan atau naik 91,19 persen mtm. 

Meski sudah terjadi peningkatan, para travel agent masih terkendala dengan tingginya harga tiket pesawat dan kurangnya frekuensi penerbangan.

Pauline optimis meski pada semester II/2022 terbilang minim tanggal merah dan libur sekolah, penjualan akan tetap meningkat didukung dengan kegiatan korporasi. 

“Kami juga mengantisipasi dengan mengadakan travel fair,” paparnya. 

Sebagai informasi, Astindo mengadakan travel fair 2022 yang diselenggarakan di dua tempat, yakni PIK Avenue Jakarta pada 1 – 4 September 2022 dan di Bali pada 2-4 September 2022 guna mendorong tingkat wisata di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat astindo travel agent
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top