Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramadan dan Lebaran Kerek Kinerja Pengiriman Paket Lion Parcel dan Ninja Xpress

Ramadan dan Idulfitri 2022 dorong kinerja pengiriman barang Lion Parcel dan Ninja Xpress.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  03:34 WIB
Ramadan dan Lebaran Kerek Kinerja Pengiriman Paket Lion Parcel dan Ninja Xpress
Layanan dari pintu ke pintu. - Lion Parcel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan dan Idulfitri 2022 menjadi katalis pendorong kinerja pengiriman barang oleh sejumlah perusahaan logistik, di antaranya oleh Lion Parcel dan Ninja Xpress. Kinerja pada musim liburan tersebut mendorong peningkatan kinerja pengiriman pada semester I/2022.

Contohnya, PT Lion Express atau Lion Parcel, mencatat kinerja pengiriman barang meningkat selama semester I/2022. Anak usaha Lion Group itu mencatat terdapat kenaikan tonase pada paket yang dikirimkan hingga 60 persen selama enam bulan pertama 2022 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.

"Dengan program apresiasi pelanggan BERKAH selama dua bulan lamanya saat Ramadan dan setelah Lebaran, Lion Parcel berhasil mencatat adanya kenaikan tonase pada paket yang dikirimkan hingga 60 persen selama semester I/2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," terang Chief Executive Officer Lion Parcel Farian Kirana, Selasa (19/7/2022).

Farian menyebut produk pakaian, makanan kering, dan dokumen menjadi yang paling banyak dikirim oleh Lion Parcel selama semester I/2022. Sementara itu, destinasi paket yang paling banyak yakni Jakarta, Tangerang dan Surabaya.

Sebelumnya, Farian sempat mencatat bahwa kenaikan volume pengiriman barang pada Ramadan dan Lebaran 2022 melampaui target yang ditetapkan. Sebelum peak season tersebut, Lion Parcel menargetkan pertumbuhan kinerja pengiriman paket sebesar 10 persen.

"Lebaran kali ini spesial karena tidak ada larangan mudik jadi [volume] pengiriman naik sampai 30 persen lebih tinggi," ujarnya secara terpisah pada pertengahan Mei 2022 lalu.

Tidak hanya Lion Parcel, Ninja Xpress mencatat kenaikan volume pengiriman selama Ramadan 2022. Perusahaan logistik tersebut mencatat volume pengiriman selama Ramadan 2022 lebih tinggi 35 persen dibandingkan dengan Ramadan pada tahun sebelumnya.

"Customized solutions yang dilakukan Ninja Xpress untuk membantu pelaku UKM pada awal Ramadan tahun ini menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan volume," terang Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa melalui keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Kontribusi pengiriman saat high-season Ramadan lalu juga diklaim mendorong peningkatan volume pengiriman selama semester I/2022, dibandingkan dengan semester I/2021.

Selama enam bulan pertama 2022, pengiriman paket didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (maksimal 20x11x7 cm) yang biasanya berisi produk kosmetik serta produk fashion seperti baju, jam tangan, dan kacamata.

Pengiriman paket selama semester I/2022 oleh Ninja Xpress didominasi oleh tujuan ke Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

"Ninja Xpress menargetkan [pertumbuhan kinerja] empat kali lebih tinggi dari tahun sebelumnya [year on year growth]," tutup Andi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

idulfitri industri logistik LION Parcel ninja xpress
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top