Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Commuter Tambah KRL Jadi 1.081 Perjalanan per Hari

KAI Commuter menambah perjalanan KRL Commuter Line menjadi 1.081 perjalanan per hari.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  15:02 WIB
KAI Commuter Tambah KRL Jadi 1.081 Perjalanan per Hari
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – KAI Commuter menambah perjalanan KRL Commuter Line setiap hari sejalan dengan tren kenaikan pengguna ke depannya. Jumlah perjalanan KRL ditambah menjadi 1.081 perjalanan per hari dari awalnya 1.054 perjalanan per hari.

"Seiring dengan penambahan tren pengguna, KAI Commuter saat ini mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan KRL dengan sebanyak 95 Loop mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya," terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui siaran pers, Kamis (7/7/2022).

KAI Commuter mencatat tren pengguna pada Juni 2022 lalu tercatat mencapai total 17,8 juta penguna, atau naik sebesar 7 persen dari total volume pengguna pada Mei 2022, yakni 16,6 juta orang pengguna.

Sementara itu, rata-rata pengguna KRL pada hari kerja sepanjang Juni 2022 tercatat sebesar 641.668 orang. Pada saat itu, volume penumpang tertinggi tercatat pada Senin (20/6/2022), sebanyak 671.031 orang.

Kemudian, rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan yakni sebesar 483.953 orang, dengan pengguna terbanyak 522.566 orang pada Sabtu (25/6/2022).

Saat ini persebaran pengguna pada hari kerja terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.

KAI Commuter juga menambah perjalanan KRL Feeder Tambahan setiap hari untuk relasi Manggarai–Angke/Kampung Bandang sebanyak 27 perjalanan, dan untuk relasi Manggarai–Bekasi PP sebanyak empat perjalanan. Masing-masing KRL Feeder memiliki headway perjalanan selama 10 menit.

Anne menyebut saat ini pengguna musiman juga memanfaatkan waktu liburan dengan menggunakan KRL menuju stasiun KA terdekat dengan lokasi wisata, seperti Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Bogor. Tren tersebut sejalan dengan masuknya masa libur sekolah.

Untu itu, KAI Commuter mengimbau pengguna yang memanfaatkan masa libur sekolah dengan membawa anak-anak untuk menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk. Pengguna KRL juga diimbau untuk merencanakan perjalanan dengan cermat, menggunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL.

Untuk pembayaran, pengguna KRL diimbau untuk selalu menggunakan KMT, kartu uang elektonik bank atau pembayaran QR Code agar terhindar dari antrean saat membeli tiket di stasiun.

Anne mengingatkan bahwa anak-anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Anak-anak juga wajib dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.

Selain itu, pengguna KRL tidak diperbolehkan membawa barang bawaan melebihi ketentuan dengan dimensi ukuran yaitu 40 x 30 x 100 cm. Sementara itu, pengguna layanan juga diimbau untuk mendahulukan pengguna yang berkebutuhan khusus dalam penggunaan fasilitas-fasilitas pelayanan seperti lift dan eskalator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl krl jabodetabek kai commuter
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top