Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Tembakau Alternatif, Pemerintah Diminta Lakukan Ini

Informasi mengenai produk tembakau alternatif atau vape saat ini lebih banyak disampaikan oleh pelaku usaha dan asosiasi konsumen sehingga jangkauannya sangat terbatas.
Pekerja menata botol berisi cairan rokok elektrik (vape) di Jakarta, Senin (1/10/2018)./ANTARA-Dhemas Reviyanto
Pekerja menata botol berisi cairan rokok elektrik (vape) di Jakarta, Senin (1/10/2018)./ANTARA-Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah diharapkan bisa mendukung perluasan akses informasi yang akurat mengenai produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, maupun kantong nikotin.

Pasalnya, informasi yang keliru dan terbatas dapat menimbulkan keraguan di kalangan perokok dewasa sehingga menghambat mereka untuk beralih dari kebiasaannya.

Ketua Asosiasi Konsumen Vape Indonesia (Akvindo) Paido Siahaan menjelaskan informasi mengenai produk tembakau alternatif saat ini lebih banyak disampaikan oleh pelaku usaha dan asosiasi konsumen sehingga jangkauannya sangat terbatas. Dia menambahkan agar informasi mengenai produk tersebut semakin luas, Paido mengharapkan adanya partisipasi dari pemerintah.

“Pemerintah sebagai regulator sudah saatnya menghadirkan informasi dan memberikan edukasi yang akurat kepada masyarakat,” kata Paido, Kamis (30/6/2022).

Saat ini, lanjutnya, kajian ilmiah terhadap produk tembakau alternatif sudah banyak dilakukan baik di dalam dan luar negeri. Tetapi, hasil riset tersebut belum dimanfaatkan pemerintah dalam menyebarkan informasi kepada publik.

Paido khawatir jika pemerintah tidak kunjung aktif mendorong informasi akurat kepada publik, potensi dan manfaat dari produk tembakau alternatif dalam menciptakan peralihan kebiasaan merokok bagi para perokok dewasa tidak dapat dimaksimalkan.

“Puluhan juta perokok di Indonesia akhirnya tidak mempunyai kesempatan untuk memilih produk tembakau alternatif dengan risiko yang jauh lebih rendah,” tuturnya.

Paido memastikan asosiasi konsumen akan terus menyosialisasikan tentang manfaat dari produk tembakau alternatif kepada masyarakat, terutama para perokok dewasa. Sumber informasi berasal dari sejumlah hasil kajian ilmiah yang sudah dipublikasikan.

Hal itu agar masyarakat mendapatkan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Masyarakat juga sudah cerdas dalam mencari dan memilih informasi yang mereka butuhkan.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR (Kabar) Ariyo Bimmo menyatakan hal yang senada dengan Paido. Menurut dia, penyebaran informasi yang komprehensif mengenai produk tembakau alternatif di publik masih belum masif. Tak hanya itu, informasi yang beredar cenderung keliru, penuh prasangka, dan asimetris.

“Adalah suatu paradoks ketika produk yang semestinya menjadi alternatif yang lebih rendah risiko tetapi diberitakan sebagai sesuatu yang jangan dipilih,” ujarnya.

Beredarnya informasi yang keliru, penuh prasangka, dan asimetris ini terjadi akibat adanya anggapan dan persepsi bahwa produk tembakau alternatif sama berbahayanya dengan rokok. Hal ini semakin diperkeruh dengan terbatasnya akses dalam penyampaian informasi yang akurat. Diskusi publik untuk membahas tentang produk ini masih minim.

“Perlu peran pemerintah, akademisi, media, organisasi masyarakat, dan profesi khususnya bidang kesehatan untuk menyampaikan informasi yang benar mengenai produk tembakau alternatif sebagai pilihan bagi perokok dewasa untuk beralih. Hal ini perlu disertai dengan informasi tentang profil risikonya yang berbeda dengan rokok,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper