Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vladimir Putin Kena Sanksi G7, Harga Minyak Rusia Malah Melejit

Harga Urals rata-rata US$87,49 per barel antara pertengahan Mei hingga pertengahan Juni, melonjak 20 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada periode sebelumnya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  12:58 WIB
Vladimir Putin Kena Sanksi G7, Harga Minyak Rusia Malah Melejit
Fasilitas produksi minyak Rusia di Vankorskoye, Siberia. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak dari Rusia terkerek lantaran permintaan tinggi dari Asia, meskipun sudah menjadi objek sanksi Uni Eropa.

Data pemerintah Rusia menunjukkan harga aktual Urals telah dihargai relatif terhadap patokan internasional Brent.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (28/6/2022), harga Urals rata-rata US$87,49 per barel antara pertengahan Mei hingga pertengahan Juni, melonjak 20 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada periode sebelumnya, menurut Kementerian Keuangan Rusia.

Seperti diketahui, para pemimpin G7 bersikeras ingin membatasi harga minyak Rusia sehingga menghalangi pendapatan Kremlin untuk menggunakannya dalam mendanai perang di Ukraina.

Kendati harganya masih di bawah Brent, gap antara keduanya sudah menyempit secara tajam. Harga rata-rata campuran ekspor utama Rusia didasarkan pada penilaian oleh Argus Media Ltd.

Diskon pada minyak Urals semakin kecil meskipun Uni Eropa telah melarang perusahaan di kawasan itu berurusan dengan perusahaan milik Rusia sejak 15 Mei 2022. 

Pembelian dari konsumen Asia dan bermunculannya rumah dagang kecil untuk berbisnis dengan Rusia telah membantu kelancaran aliran minyak negara ini.

Pada 13 hari pertama pada Juni, ekspor minyak Rusia melalui pipa dan fasilitas pelabuhan yang dioperasikan oleh Transneft PJSC rata-rata mencapai 4,62 juta barel per hari, menurut perhitungan Bloomberg.

Jumlah tersebut hanya sedikit di bawah rata-rata sebulan sebelumnya, perhitungan berdasarkan data dari unit CDU-TEK Kementerian Energi Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak Rusia vladimir putin harga minyak mentah G7 Perang Rusia Ukraina

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top