Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Beri Rekomendasi Destinasi Wisata saat Libur Sekolah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan beberapa pilihan destinasi wisata saat libur sekolah.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang para pelajar tanah air dapat kunjungi selama momen libur sekolah.

Selain destinasi Puncak di Jawa Barat yang selalu menjadi favorit untuk berlibur, masyarakat wajib menjajal destinasi unggulan lainnya. Terutama bagi warga Pulau Jawa, Sandi memprediksi banyak yang akan memilih destinasi yang tidak jauh dari tempat tinggal karena kenaikan harga tiket pesawat yang cukup tinggi.

“Berdasarkan data-data yang kita terima ada Bali dan destinasi lainnya yang konsepnya personalize, customize, localize, smaller in size. Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” katanya dalam Weekly Press Briefing, Senin (27/6/2022).

Sandi merekomendasikan bagi warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) tentu bisa mengunjungi tiga destinasi andalan, yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan.

Kemudian, di sekitar Jawa Barat masyarakat dapat mengunjungi Kota Bandung yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik.

Kabupaten Pangandaran, yang memiliki sejumlah objek pemandangan alam seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu. Kabupaten Garut juga tak kalah menawarkan panorama alam yang menakjubkan seperti Kawasan Wisata Cipanas, Pantai Santolo.

Bagi warga yang berada di Jawa Timur, Bromo tentunya sangat diminati para wisatawan. Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur, Desa Wisata Candirejo, Desa Wisata Dieng Kulon, dan lainnya.

Sementara di D.I Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO).

Selain itu, untuk yang berada di kawasan Sumatra, Desa Wisata Hilisimaetano, Nias Selatan dapat menjadi pilihan untuk para pelajar untuk memperdalam pengetahuan budaya, karena desa adat ini masih menjaga nilai-nilai leluhurnya.

“Hingga destinasi super prioritas lainnya yang tidak kalah indah yaitu Mandalika, Sumbawa, dan Likupang,” ujar Sandi.

Selain berlibur, Sandi mengajak para wisatawan dan pelajar untuk menghitung jejak karbon atau carbon footprint calculator dan offsetting. Masyarakat dapat menghitung jumlah karbon yang mereka keluarkan setiap harinya melalui aplikasi di laman https://indotravel.jejak.in/.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui jumlah karbon yang mereka hasilkan setiap harinya dan jumlah pohon yang harus ditanam untuk melunasi emisi karbon yang dirilis ke udara (carbon offset).

“Saya yakin jika kunjungan mereka itu diberikan kesempatan untuk menghitung carbon footprint, mereka bisa melakukan kegiatan yang ramah lingkungan,” kata Sandiaga.

Di masa liburan ini, Sandi turut mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan di tengah kenaikan kasus Covid-19 secara nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper