Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Bahan Pokok Hari Ini, 3 Komoditas Ini Jadi Perhatian

Berdasarkan laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per Senin (27/6/2022), harga yang terus mengalami kenaikan yaitu cabai dan bawang merah.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  15:08 WIB
Harga Bahan Pokok Hari Ini, 3 Komoditas Ini Jadi Perhatian
Cabai merah - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Harga komoditas cabai, baik merah keriting, merah besar, dan rawit masih mengalami kenaikan di akhir Juni tahun ini.

Berdasarkan laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per Senin (27/6/2022), harga yang terus mengalami kenaikan yaitu cabai dan bawang merah.

Secara nasional, rata-rata harga cabai rawit merah naik 1,28 persen dibandingkan Jumat (24/6/2022) menjadi Rp94.750/kg. Sementara cabai rawit hijau naik 2,17 persen menjadi Rp68.250/kg.

Untuk cabai merah besar naik Rp1.050 menjadi Rp70.750 per kilogram dan cabai merah keriting naik tertinggi sebesar Rp2.450 menjadi Rp78.150 per kilogram.  

Komoditas bawang merah juga terpantau masih mengalami reli kenaikan bersama cabai. Bawang merah naik Rp550 menjadi Rp58.700 per kilogram. Sebelumnya pada 20 Juni 2022 harga bawang merah tercatat di angka Rp54.200/kg.

Selain dua komoditas tersebut, Kementerian Perdagangan mencatat kenaikan juga terjadi untuk telur ayam. Sementara di PIHPS terpantau telur ayam mulai mengalami penurunan sedikit demi sedikit. Per hari ini, harga telur ayam rata-rata turun Rp200 per kilogram dibandingkan satu minggu lalu.

Kemendag melaporkan kenaikan yang terjadi pada telur ayam akibat kenaikan HPP yang sangat bergantung oleh harga pakan, salah satunya jagung pakan. Pasokan telur terpantau surplus pada Juni dan Juli 2022.

Menurut Kepala NFA (Badan Pangan Nasional/National Food Agency) Arief Prasetyo Adi, harga telur ayam di pasaran yang kini mencapai kisaran Rp28.000 hingga Rp30.000 per kilogram akan menjadi harga baru yang berlaku ke depannya. Dia menilai kenaikan harga wajar karena telah memasuki keseimbangan harga baru.

“Rentang harga telur ayam yang berkisar Rp28.000 hingga Rp30.000an per kilogram merupakan harga yang sesuai dengan modal produksi yang harus dikeluarkan para peternak dan margin pedagang,” ungkap Adi, Minggu (26/6/2022).

Berbeda dengan telur ayam, cabai masih terkendala cuaca dan penyakit antraknosa/patek di sentra produksi Tuban, Blitar, dan Kediri, Jawa Timur.

Akibatnya, pasokan cabai berkurang signifikan. Kemendag mencatat per 24 Juni 2022 pasokan cabai 11,29 persen di bawah normal atau hanya sekitar 342,43 ton/hari, sementara kebutuhan per harinya sebanyak 386 ton.

Berbeda dengan dua komoditas tersebut, bawang merah pasokannya menurun akibat telah melewati musim panen dan memasuki musim tanam. Kemendag memproyeksi pasokan bawang merah akan kembali normal pada Juli hingga September mendatang.

Untuk harga rata-rata komoditas lainnya, seperti gula dan beras terpantau stabil masing-masing Rp11.750 dan Rp15.250 per kilogram.

Daging sapi, bawang putih, minyak goreng, dan daging ayam mengalami sedikit penurunan bila dibandingkan dengan minggu lalu namun tidak signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan pokok harga cabai harga pangan harga bawang merah telur ayam
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top