Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUPR: Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan Diperlebar Lagi di 2023

Pemerintah akan memperlebar lagi ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) jalur A pada tahun depan.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  09:22 WIB
PUPR: Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan Diperlebar Lagi di 2023
Kendaraan memadati Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). PT Jasa Marga mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek ke arah Cikampek sebesar 141 persen pada H-4 Lebaran. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar - tom.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan memperlebar lagi ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) jalur A. Hal tersebut merupakan proyek lanjutan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempersiapkan kelancaran arus mudik Lebaran di 2023. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Rapat Kerja dan Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2022).

"Nanti PR untuk tahun depan yaitu jalur A [tol Japek] dilebarkan lagi," kata Basuki saat membahas evaluasi mudik Lebaran 2022, Senin (20/6/2022).  

Sebelumnya, PUPR telah melebarkan ruas jalan tol Japek jalur B Kilometer (KM) 67-50 untuk arus balik kendaraan kecil. Proyek tersebut selesai pada 23 April atau H-9 Idulfitri.

Basuki juga mengungkap sejumlah proyek perbaikan atau penambahan kapasitas sarana dan prasarana jalan tol selanjutnya. Misalnya, perbaikan jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung.

Perbaikan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) itu telah diperbaiki untuk aspek keamanannya seperti penutupan lubang. Selanjutnya, kata Basuki, akan dilakukan rekonstruksi untuk meningkatkan aspek kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Selain itu, PUPR akan menyediakan sejumlah kantong parkir di beberapa rest area jalan tol untuk digunakan atau dicadangkan saat hari-hari libur saja, seperti Idulfitri, Natal, dan tahun baru, atau dengan konsep land bank. Salah satunya di Pelabuhan Merak. 

"Mungkin akan kita lebarkan dan perlu pembebasan lahan untuk hari-hari besar nasional. Kemudian juga kantong parkir di Merak agar tidak menumpuk akan disiapkan lahan 5 hektare untuk kantong parkir," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top