Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 1.100 Orang Uji Coba Stasiun KRL Shelter Matraman

Masyarakat antusias menyambut kehadiran stasiun KRL Shelter Matraman sebagai opsi baru untuk mengakses layanan kereta Jabodetabek.
Penampakan kondisi Stasiun Matraman, Jakarta yang akan segera dioperasikan untuk mendukung Stasiun Manggarai setelah adanya switch over atau SO 5 - Dok. PT Kereta Commuter Indonesia.
Penampakan kondisi Stasiun Matraman, Jakarta yang akan segera dioperasikan untuk mendukung Stasiun Manggarai setelah adanya switch over atau SO 5 - Dok. PT Kereta Commuter Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah melewati penantian sejak 2016, Stasiun KRL Shelter Matraman akhirnya memasuki fase soft launching. Acara seremonial ini turut dihadiri langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian ini merupakan pembangunan proyek strategis pemerintah yaitu proyek Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai–Cikarang. Pada Jumat (17/6/2022), KAI Commuter bersama DJKA dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan uji coba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman ini.

Dia berharap Stasiun Shelter Matraman dapat menjadi alternatif pagi pengguna selain Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara. Diharapkan juga, kehadirannya dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyakarat dalam mewujudkan integrasi dengan antar-moda. Mulai dari integrasi dengan Trans Jakarta, angkutan perkotaan, hingga ojek daring.

“Dua hari setelah dilakukan uji coba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman, tercatat total volume pengguna KRL yang naik di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.134 orang,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (19/6).

Sedangkan total volume pengguna yang turun di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.380 orang. Untuk volume pengguna hari ini hingga pukul 16.00 WIB tercatat jumlah pengguna yang naik sebanyak 337 orang dan yang turun sebanyak 487 orang.

Sementara itu, untuk rata-rata total volume pengguna KRL minggu lalu pada hari kerja tercatat sebesar 640.492 orang, dengan jumlah volume pengguna tertinggi pada Senin 13 Juni kemarin yaitu sebanyak 655.638 orang. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna KRL pada akhir minggu sebesar 518.031 orang, angka tersebut lebih rendah 19% dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada hari kerja.

Saat ini, KAI Commuter juga mengoperasikan 1.054 perjalanan KRL setiap harinya. Persebaran pengguna KRL pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00 – 09.00 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 19.00 WIB. Bagi pengguna KRL yang akan kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja esok hari, diimbau dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lengang.

Diharapkan dengan adanya soft launching pengoperasian Stasiun Shelter Matraman ini, layanan bagi masyarakat pengguna kereta api khususnya pengguna KRL akan semakin nyaman dan dimudahkan dalam menggunakan transportasi kereta api. Sebagai informasi, jumlah perjalanan KRL yang melewati Stasiun Shelter Matraman sebanyak 169 perjalanan.

KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun. Untuk informasi jadwal perjalanan dan posisi KRL serta informasi kepadatan stasiun dapat di akses melalui aplikasi KRL Access atau sosial media @commuterline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper