Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran Ditutup Malam Ini, Simak Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 33

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 33 akan ditutup hari ini, Senin (20/6/2022) pukul 23.59 WIB. Simak tips lolos Kartu Prakerja gelombang 33.
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 33 akan ditutup hari ini, Senin (20/6/2022) pukul 23.59 WIB setelah dibuka pada Jumat (17/6/2022).

"Supaya enggak dibilang dadakan, mau bisikin nih jam 23.59 WIB nanti pendaftaran gelombang 33 akan ditutup!

Yuk langsung klik "Gabung Gelombang" sekarang... Jangan sampai ketinggalan ya! #SiapDariSekarang," tulis PMO Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi mereka @prakerja.go.id, Senin (20/6/2022).

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja sendiri sudah dibuka sejak 2020 lalu, dan telah dibuka sebanyak 32 gelombang.  Bagi calon peserta yang belum berkesempatan lolos pada gelombang sebelumnya, dapat mengikuti pendaftaran gelombang 33.

Lalu, bagaimana agar calon peserta lolos pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 33? Simak tips berikut.

Tips Lolos Program Kartu Prakerja Gelombang 33:

1. Penuhi persyaratan yang diminta

Melansir laman resmi prakerja.go.id, calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagai Warga Negara Indonesia dengan usia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi, komisaris dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD tidak diperkenankan mendaftar program ini.

Selain itu, dalam 1 Kartu Keluarga hanya diizinkan maksimal 2 NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

2. Pastikan email dan nomor handphone untuk mendaftar masih aktif

Saat melakukan pendaftaran, pastikan email dan nomor handphone yang digunakan masih aktif. Sebab, verifikasi akun dan informasi mengenai Kartu Prakerja akan disampaikan melalui email dan SMS.

3.  Data yang dimasukkan saat mendaftar harus sesuai dengan data Dukcapil

Tips berikutnya yaitu pastikan agar data yang dimasukkan ketika mendaftar sesuai dengan data Dukcapil. Jika data tak sesuai, calon peserta bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email ke [email protected], atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat guna melakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Unggah foto KTP dengan jelas

Pastikan untuk menggunakan kamera handphone saat hendak mengunggah foto KTP, bukan mengambilnya dari galeri. Apabila pendaftaran dilakukan melalui komputer, maka lanjutkan proses pendaftaran melalui browser handphone calon peserta.

5. Wajah terlihat jelas saat verifikasi foto wajah

Agar sukses dalam tahap ini, pastikan agar wajah terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup saat mengambil swafoto dengan kamera handphone. Juga, hindari penggunaan aksesori seperti topi, kacamata, masker, KTP dan barang lainnya. Terakhir, izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper