Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP I Buka 28 Rute Internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Juanda, dan Bandara Lombok

Layanan rute internasional itu antara lain ditangani Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali sebanyak 18 rute dengan 17 maskapai, dan Bandara Juanda di Surabaya melayani sebanyak 6 rute dengan 7 maskapai.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  13:13 WIB
AP I Buka 28 Rute Internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Juanda, dan Bandara Lombok
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN - Bisnis/Wibi Pangestu. 

Bisnis.com, JAKARTA- PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I telah membuka sebanyak 28 rute internasional sejak kembali beroperasi melayani penerbangan rute internasional pada Februari lalu, hingga Mei 2022

VP Corporate Secretary AP I Rahadian D. Yogisworo menjelaskan jumlah pergerakan pesawat rute internasional di 6 bandara yang kami kelola mencapai 2.666 dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 473.00 atau rata-rata mencapai 9.400 penumpang per hari.

"Jumlah rute penerbangan internasional yang dilayani di 6 bandara telah mencapai 28 rute," ujarnya, Sabtu (11/6/2022).

Secara detail, dia memerinci saat ini bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 18 rute dengan 17 maskapai. Bandara Juanda di Surabaya melayani sebanyak 6 rute dengan 7 maskapai.

Kemudian, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Lalu ada Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Selain itu juga Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Sam Ratulangi Manado masing-masing melayani sebanyak 1 rute dengan 1 maskapai.

Secara rerata,Hingga Mei, Angkasa Pura I telah melayani rute internasional dari berbagai negara di 6 bandara. Saat ini mayoritas penerbangan internasional bertumpu di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani penerbangan rute internasional dari dan menuju Kuala Lumpur, Singapura, Manila, Perth, Adelaide, Brisbane, Cairns, Darwin, Melbourne, Sydney, Bangkok, Istanbul, Ho Chi Minh, Dubai, dan Narita. Sedangkan untuk Bandara Juanda saat ini melayani rute penerbangan internasional dari dan menuju Hongkong, Johor, Kuala Lumpur, Pulau Pinang, Singapura, Kuala Lumpur, Brunei Darussalam, dan Darwin.

Adapun untuk bulan Juni ini setidaknya, AP I telah menerima pengajuan sebanyak 14 rute penerbangan internasional dari 6 maskapai. Enam maskapai tersebut adalah Malindo Air, Philippines AirAsia, Vietjet Air, Indonesia AirAsia, Virgin Australia dan Citilink di Bandara I gusti Ngurah Rai Bali.

Yogi, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa dalam RKAP 2022 ini, pihaknya menargetkan dapat melayani pergerakan penumpang hingga 38,8 juta penumpang dengan proporsi 35,6 juta penumpang domestik, 2,9 juta penumpang transit dan 305 ribu penumpang internasional.

"Kami bersyukur dengan kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik dan didukung dengan regulasi bagi PPLN yang semakin mudah, akan mampu mengangkat kinerja menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya hingga mencapai target-target yang telah ditetapkan," imbuhnya.

Di sisi lain, sebagai gambaran, sepanjang  Mei 2022, pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola omeh AP I mencapai 4,75 juta atau mengalami peningkatan hingga 38,8 persen jika dibandingkan pada bulan April yang melayani 3,42 juta. Adapun untuk pergerakan pesawat pada bulan Mei mencapai 40.946 atau mengalami peningkatan hingga 19,9 persen jika dibandingkan pada bulan April yang melayani 34.132 pergerakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top