Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom: Pengenaan Cukai Plastik dan MBDK Bisa Gagal Lindungi Kesehatan Masyarakat

Pemerintah perlu dipastikan terlebih dahulu melalui kajian terbaru bahwa MBDK merupakan faktor utama yang mengancam kesehatan masyarakat.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 10 Juni 2022  |  18:19 WIB
Ekonom: Pengenaan Cukai Plastik dan MBDK Bisa Gagal Lindungi Kesehatan Masyarakat
Salah satu fasilitas produksi industri makanan. Istimewa - Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA- Rencana pemerintah untuk mengenakan bea cukai terhadap plastik dan minuman bergula dalam kemasan (MBDK) dinilai berisiko gagal mencapai tujuan utamanya yakni mengikis risiko terhadap diabetes. 

Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan pemerintah perlu memerhatikan 2 hal. Pertama, perihal relevansi antara penyakit gula di Indonesia dan MBDK.

Menurutnya, perlu dipastikan terlebih dahulu melalui kajian terbaru bahwa MBDK merupakan faktor utama yang menjadi penyebab penyakit diabetes di Tanah Air.

Kedua, dampak negatifnya terhadap kinerja industri mamin yang notabene merupakan segmen terbesar di manufaktur. Terutama, pelaku industri mamin di segmen menengah ke bawah yang masih rentan terhadap kenaikan ongkos produksi.

"Apabila tidak dipertimbangkan, risikonya bisa tujuan untuk menyehatkan masyarakat tidak tercapai, dan kinerja industrinya malah menurun," kata Faisal ketika dihubungi, Jumat (10/6/2022).

Namun, rencana pemerintah menerapkan pengenaan bea cukai terhadap plastik dan MBDK tersebut belum sampai kepada pembahasan dengan pelaku industri makanan dan minuman.

"Hal ini belum ada pembahasan dengan pemerintah," kata Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman kepada Bisnis.

Sebagaimana diketahui, setelah dipastikan batal terimplementasi tahun ini, pelaku industri di mamin kembali harus memikirkan kemungkinan perubahan ongkos produksi dan strategi lanjutannya.

Sebab, Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rabu (8/6/2022) lalu menyatakan bakal mengenakan cukai terhadap plastik dan MBDK dalam hasil rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top