Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kloter Pertama Berangkat Besok, Ini Daftar 5 Bandara yang Tampung Jemaah Haji

Berikut ini lima bandara PT Angkasa Pura II yang akan menampung keberangkatan jemaah haji tahun ini.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II bersiap melayani keberangkatan jemaah haji mulai besok Sabtu (4/6/2022).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan ada sebanyak lima bandara perseroan yang telah ditetapkan menjadi embarkasi penerbangan haji.

Lima bandara tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).  

Tak hanya itu, koordinasi telah dilakukan AP II bersama Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri, AirNav Indonesia serta maskapai agar keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II.

“Lima bandara AP II akan melayani keberangkatan sebanyak 41.713 orang jemaah haji di dalam 106 kloter,” ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Dia pun menilai dengan dimulainya penerbangan haji pada tahun ini, maka turut mendukung pemulihan sektor penerbangan secara berkelanjutan.

Dalam menyambut musim haji tahun ini, Awaluddin memastikan sejumlah fasilitas bandara sudah siap. Untuk sisi udara dan keamanan mencakup runway, taxiway, apron, baggage make up area, garbarata, hingga x-ray untuk pengecekan keamanan, walkthrough metal detector, handheld metal detector, termasuk juga pengaturan slot time penerbangan haji.

Berikut persiapan masing-masing bandara AP II jelang keberangkatan haji:

  • Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)

Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara embarkasi dengan jumlah jemaah haji paling banyak yakni 29.221 orang jemaah haji dari DKI Jakarta, Jawa Barat Banten, dan Lampung yang tergabung di dalam 73 kloter.

Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Lampung.

Di masing-masing asrama, jamaah haji menjalani proses keimigrasian, kesehatan dan pengecekan keamanan antara lain oleh Aviation Security. Sementara untuk masing-masing bagasi jamaah haji dilakukan proses Bea dan Cukai serta pengecekan keamanan oleh Aviation Security. 

Proses keberangkatan termasuk security check point untuk keberangkatan jamaah melalui Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di asrama haji, didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II. Setelah melalui proses keberangkatan di asrama haji, jamaah haji dengan bus menuju sisi udara (airside) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian menuju central coridor Terminal 2

Central coridor di Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang jamaah haji sebagai tempat menunggu para jamaah untuk memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Route.

Bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi fasilitas layanan dini pre-clearance kemigrasian Kerajaan Arab Saudi atau Makkah Route. Sehingga, jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci dapat menjalani proses keimigrasian Kerajaan Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah jamaah saat kedatangan di bandara Madinah atau Jeddah,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Fasilitas Makkah Route di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi 15 konter imigrasi Arab Saudi yang dapat melakukan proses pre-clearance keimigrasian dalam waktu sekitar 60 detik untuk setiap penumpang pesawat/jamaah.

Setelah proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi usai, jamaah haji kemudian menuju boarding lounge untuk siap berangkat ke Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia atau Saudia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Lanjutan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper