Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stasiun Manggarai Membeludak! KCI Luncurkan KRL Feeder, Ini Jadwalnya

KCI meluncurkan KRL Feeder untuk mengurai kepadatan Stasiun Manggarai yang membeludak.
Situasi padatnya penumpang yang antre menuju peron di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan/Bisnis-Lukman Nur Hakim rn
Situasi padatnya penumpang yang antre menuju peron di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan/Bisnis-Lukman Nur Hakim rn

Di sisi lain, untuk terhindar dari potensi kepadatan di Stasiun Manggarai, penumpang commuter line dari Stasiun Tanah Abang/Duri tujuan Jakarta Kota dapat memanfaatkan KRL tujuan Jatinegara/Bekasi/Cikarang dengan transit di Stasiun Kampung Bandan untuk selanjutnya menuju Jakarta Kota.

Sementara itu, bagi pengguna dari Stasiun Tanah Abang/Duri tujuan Bekasi/Cikarang dapat langsung naik KRL tujuan Bekasi/Cikarang tanpa harus transit di Manggarai.

"Begitu pula pengguna dari Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang dapat memanfaatkan KRL Lin Tanjung Priok untuk transit di Kampung Bandan dan melanjutkan perjalanan menuju Bekasi/Cikarang sehingga tidak perlu transit di Manggarai," terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, melalui keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Mengawali pekan ini, Senin (30/5), Anne menyebut kondisi Stasiun Manggarai ramai lancar dan didominasi pengguna harian. Volume pengguna KRL di seluruh stasiun hingga pukul 10.00 WIB sebanyak 211.301 orang.

Pada hari ketiga setelah SO 5 Stasiun Manggarai ini, kelambatan perjalanan KRL tercatat dapat diperkecil hingga berkisar 3 menit untuk KRL lintas Bogor, dan 3 sampai dengan 4,5 menit untuk KRL lintas Cikarang.

Sebelumnya, keterlambatan KRL bisa mencapai 7-10 menit untuk KRL lintas Bogor dan 12-15 menit untuk KRL lintas Cikarang.

"Ini didukung juga dengan dicabutnya pembatasan kecepatan yang masuk/keluar jalur 1 dan 2 serta jalur 6 dan 7," tutur Anne.

Kemarin, Minggu (29/5), terdapat sebanyak 120.000 penumpang transit di Stasiun Manggarai. Jumlah penumpanh transit hari ini diprediksi akan lebih tinggi lagi hingga 150.000 penumpang.

Untuk mengantisipasi kepadatan di stasiun, sebanyak 500 petugas dari KAI Group siap melayani pengguna secara bergantian.

Anne menyampaikan bahwa KAI Commuter memohon maaf atas ketidaknyamanan dalam menggunakan fasilitas di stasiun maupun di KRL.

KAI Commuter juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pengguna yang mau beradaptasi atas perubahan pola operasional KRL ini.

"Tak henti-hentinya KAI Commuter terus mengimbau seluruh pengguna untuk merencanakan perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access, sosial media @commuterline agar terhindar dari kepadatan," pungkas Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper