Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anderson Tanoto: Pandemi Justru Jadi Penguat RGE Gru

Kondisi pandemi Covid-19 memberikan banyak pelajaran bagi para pengusaha, tidak terkecuali grup besar Royal Golden Eagle atau RGE yang juga menaungi APRIL Grup. Bahkan, grup bisnis yang menggarap sektor industri kertas hingga serat itupun berani mengeluarkan investasi besar pada saat kelesuan ekonomi menyergap berbagai sektor bisnis.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  23:48 WIB
Anderson Tanoto: Pandemi Justru Jadi Penguat RGE Gru
Managing Director RGE Grup yang membawahi APRIL Grup, pemain besar sektor industri pulp dan kertas - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia selama dua setengah tahun belakangan memberikan banyak imbas bagi sektor bisnis. Namun, tantangan kelesuan ekonomi akibat pagebluk tersebut, justru jadi modal Royal Golden Eagle atau RGE Grup memperkuat fondasi bisnis.

Managing Director RGE Grup Anderson Tanoto mengungkapkan selama dua setengah tahun pandemi memberikan tantangan bagi para pelaku usaha. “Kami dipaksa untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat, tidak bisa salah,” ungkapnya dalam kegiatan “Halalbihalal bersama Pimpinan Media”, Senin (30/5/2022).

Selama dua setengah tahun pandemi, menyisakan persoalan yang sangat dramatis pada sektor ekonomi, sosial, dan tentunya penanganan kesehatan. Di tengah kemelut pandemi 2021, sewaktu gejolak varian Delta mengamuk, Indonesia mengalami kelangkaan oksigen bagi perawatan pasien Covid-19.

“Kami ikut menyokong pemerintah dalam penanganan Covid-19, kami mengalihkan pabrik oksigen yang biasa digunakan untuk produksi, guna memasok oksigen pasien. Kami produksi sekitar 500 ton,” kata Anderson.

Di sisi lain, pandemi juga tak menyurutkan langkah RGE Grup dalam memperkuat lini bisnis. Dari seluruh kinerja, menurut Anderson, baik ekspor maupun domestik mencatatkan pertumbuhan yang signifikan.

Karena itu pula, RGE Grup melalui APRIL berani menginvestasikan dana jumbo Rp33,4 triliun guna mendongkrak kapasitas produksi bahan kertas ramah lingkungan.

Suntikan dana tersebut dibutuhkan untuk membangun pabrik kemasan berkelanjutan di Riau. Fasilitas produksi tersebut dapat membuka lapangan kerja bagi lebih dari 4.000 tenaga kerja pada tahap konstruksi, dan 1.000 lapangan kerja baru setelah beroperasi penuh.

Pabrik APRIL memiliki kapasitas produksi sebesar 1,2 juta ton kertas kemasan lipat yang mudah terurai (bio­egradable) dan mudah didaur ulang (recyclable).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rapp april pulp pulp dan kertas industri pulp and paper asia pulp and paper royal golden eagle
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top