Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Proyek Properti yang Akan Muncul di 3 Tol Baru

Pembangunan sejumlah jalan tol baru akan mendongkrak nilai properti di sepanjang tol tersebut.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  09:51 WIB
Jalan Tol Demak.  - Kementerian BUMN
Jalan Tol Demak. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – Beroperasinya jalan tol baru selalu menjadi pemicu positif bagi perkembangan properti sesuai dengan karakteristik pasar di suatu wilayah.

Head of Advisory Services Colliers Indonesia Monica Koesnovagril menyebutkan dalam pengembangan properti, faktor lokasi merupakan satu kunci sukses.

“Di antara unsur faktor lokasi adalah aksesibilitas, yang mencakup kedekatan dengan sarana infrastruktur penting, termasuk jalan tol dan bagaimana proses pencapaian lokasi properti tersebut. Semakin mudah pencapaian, maka nilai suatu properti akan semakin tinggi,” terang Monica kepada Bisnis, Selasa (25/05/2022).

Menurut Monica, pembangunan 16 jalan tol baru akan mendongkrak nilai properti di sepanjang tol tersebut. “Akan tetapi jenis pengembangan yang tepat akan unik, tergantung pada karakteristik pasar properti di sekitarnya,” tegasnya.

Di jalan tol baru yang menghubungkan Sentul dengan Karawang Barat, menurut Monica, akan dijadikan sebagai lokasi hunian.

“Beroperasinya jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas area industri di Karawang Barat dengan kawasan hunian kelas menengah sampai atas berbasis hijau di Sentul,” jelas Monica.

Sementara itu, Monica memprediksi di kawasan jalan tol Bogor-Serpong akan berkembang kota mandiri.

“Jalan tol ini potensial karena akan menghubungkan dua daerah yang bertumbuh pesat sebagai kota, baik kota yang sudah terbentuk beratus tahun, maupun kota mandiri. Keduanya merupakan kota satelit, yang kemudian bisa saling melengkapi,” paparnya.

Monica memproyeksikan pembangunan jalan tol di luar wilayah Jabodetabek, yakni tol Demak - Tuban yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur juga akan menumbuhkan sektor industri.

“Beroperasinya tol ini akan menggerakan aktivitas perekonomian di sepanjang area yang dihubungkan. Potensi paling besar adalah untuk pertumbuhan sentra industri terpadu,” tambahnya.

Oleh karena itu, beroperasinya suatu jalan tol akan mendongkrak tingkat penyerapan pasar dan nilai marketability suatu proyek.

“Nilai properti yang bersumber dari nilai tanah, besar kenaikan nilai tanah karena beroperasinya jalan tol tidak ada besaran yang pasti, karena tergantung pada lokasi dan potensi ekonomi daerah tersebut,” tandas Monica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti jalan tol perumahan kawasan industri
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top