Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Terbang Perdana, Pelita Air Bersiap Mengudara ke Yogyakarta

Pelita Air akan menambah rute penerbangan baru Jakarta-Yogyakarta-Jakarta dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) mulai Juni mendatang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  16:46 WIB
Pelita Air menggunakan pesawat A320. -  Dok. Istimewa
Pelita Air menggunakan pesawat A320. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pelita Air akan menambah rute penerbangan baru Jakarta-Yogyakarta-Jakarta dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) mulai Senin (20/6/2022) mendatang.

Direktur Utama Pelita Air Services Dendy Kurniawan menjelaskan Jakarta – Yogyakarta – Jakarta bakal dioperasikan setiap hari dengan frekuensi 1 kali per hari. Dendy menyebutkan pembukaan rute baru yang ditambah ini untuk mendukung pemenuhan kebutuhan peningkatan pergerakan perjalanan udara.

Dendy juga menuturkan alasandibukanya rute dari Jakarta ke Yogyakarta karena Yogyakarta merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Alhasil, pembukaan rute ini diharapkan dapat mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia usai pandemi, selain mendukung kebutuhan layanan udara bagi para pelajar dan akademisi di Yogyakarta serta pelaku perjalanan bisnis lainnya.

Tiket Pelita Air rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta sudah dapat dibeli sejak Sabtu 21 Mei ini di layanan contact center Pelita Air di nomor 0811-7110-800 atau di email [email protected]

“Selain itu, kini tiket Pelita Air sudah dapat dibeli di berbagai mitra agen perjalanan Pelita Air seperti Mitra Tours and Travel, Tiket.com, Bayu Buana Travel, Panorama JTB Tour, Dwidaya Tour, Antavaya, dan Voltras Travel,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (23/5/2022).

Pelita Air juga menawarkan Promo "Hello Deals" di mana pelanggan berkesempatan membeli tiket Pelita Air dengan harga terbaik khusus untuk rute-rute penerbangan yang baru dibuka.

Adapun selain pembukaan rute baru, Pelita Air juga akan menambah frekuensi terbang rute Jakarta-Bali-Jakarta menjadi 2 kali sehari pada 20 Juni mendatang dari sebelumnya yang hanya 1 kali sehari. Adapun jadwal penerbangan Pelita Air rute Jakarta-Bali-Jakarta dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Saat ini, jadwal penerbangan yang tersedia untuk Jakarta – Bali (pp) adalah

1. Jakarta-Bali (IP100): pukul 10.45 WIB - 14.35 WITA

2. Jakarta-Bali (IP104): pukul 16.10 WIB - 19.00 WITA

3. Bali-Jakarta (IP101): pukul 14.20 WITA - 15.10 WIB

4. Bali-Jakarta (IP105): pukul 19.45 WITA - 20.35 WIB

“Ke depan, Pelita Air Service akan terus membuka rute perjalanan ke destinasi wisata dan bisnis favorit lainnya di Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, PAS berencana menambah jumlah pesawat yang dioperasikan hingga menjadi enam pesawat pada tahun ini sejalan ekspansi rute ke depannya.

Direktur Utama PAS Dendy Kurniawan mengatakan rencana mendatangkan pesawat baru masih berproses. Saat ini, PAS sudah mendatangkan sebanyak 2 tipe pesawat A320-200. Dendy memperkirakan pesawat ketiga akan datang pada Mei 2022. 

"Sebanyak tiga pesawat lagi datang akhir tahun ini. Jadi sampai tahun ini selesai ada target enam pesawat. Tahun depan Insyaallah bisa capai 20," ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir membenarkan bahwa Pelita Air bakal mengoperasikan hingga 20 pesawat secara jangka panjang untuk mengoptimalkan penerbangan domestik. Namun, jumlah pesawat tersebut, pengadaan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi.

Erick menyampaikan bahwa Pelita akan fokus kepada penerbangan domestik karena pemerintah ingin membangun agar jaringan rute domestik menjadi lebih kuat.

"Apalagi kan sudah mulai bangkit penerbangan ini. Ada momen mudik, perjalanan dinas, dan perjalanan wisata," imbuhnya.

Tak hanya kepada Pelita, secara khusus, dia juga berpesan  kepada holding BUMN Aviasi dan Pariwisata atau Injourney agar mulai merajut ekosistem yang ada dengan segala jaringannya supaya bisa membangun pariwisata domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holding bumn rute penerbangan Pelita Air
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top