Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingat! Ekspor CPO dan Minyak Goreng Mulai Dibuka Hari Ini

Ekspor crude palm oil (CPO) dan minyak goreng mulai dibuka hari ini, Senin (23/5/2022).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  09:12 WIB
Ilustrasi Refined, bleached, and deodorized (RBD) palm oil sebagai bahan baku minyak goreng -  The Edge Markets
Ilustrasi Refined, bleached, and deodorized (RBD) palm oil sebagai bahan baku minyak goreng - The Edge Markets

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah resmi membuka kembali ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) mulai hari ini, Senin (23/5/2022).

Pengumuman tersebut langsung disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/5/2022).

“Oleh karena itu, berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,” katanya.

Dia mengungkapkan sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan yang diterima, Jokowi menyampaikan bahwa pasokan minyak goreng terus bertambah.

Jokowi menyebut kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194.000 ton per bulannya. Pada bulan Maret, sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan minyak goreng hanya mencapai 64.500 ton.

Namun, setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan minyak goreng mencapai 211.000 ton per bulannya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi akan segera mencabut Permendag No. 22/2022 dan akan menerbitkan Permendag baru menindaklanjuti arahan Presiden okowi terkait pembukaan ekspor CPO dan turunannya.

“Kami akan mencabut Permendag No. 22/2022 tentang larangan sementara ekspor crude palm oil [CPO], refined, bleached, and deodorized [RBD] palm oil, refined, bleached, and deodorized palm olein, dan used cooking oil,” tegas Lutfi dalam YouTube Kementerian Perdagangan, Jumat (20/5/2022).

Lutfi menyampaikan hal-hal yang akan diatur mencakup aturan-aturan terkait tapi tidak terbatas pada ekspor yang terdaftar, ketentuan DMO [domestic market obligation] dan turunannya, serta mekanisme pengawasan dengan melibatkan aparat penegak hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi minyak goreng ekspor cpo larangan ekspor sawit
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top