Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Terkaya se-Asia Gautam Adani Caplok Bisnis Holcim di India

Adani Group milik Gautam Adani akan mengakuisisi 63 persen saham Ambuja Cement Ltd, yang merupakan unit usaha Holcim di India.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Mei 2022  |  12:48 WIB
Orang Terkaya se-Asia Gautam Adani Caplok Bisnis Holcim di India
Gautam Adani, miliarder energi asal India, yang memiliki Adani Group - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Miliarder dan orang terkaya di Asia Gautam Adani mengakuisisi lini usaha perusahaan bahan bangunan Swiss, Holcim Ltd., di India.

Dilansir Bloomberg, Adani Group milik Gautam Adani akan mengakuisisi 63 persen saham Ambuja Cement Ltd, yang merupakan unit usaha Holcim di India. Dana yang digelontorkan untuk aksi korporasi ini senilai US$10,5 miliar.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Adani akan mewarisi saham pengendali Ambuja di produsen semen publik lainnya, ACC Ltd., dan membeli 4,5 persen kepemilikan langsung Holcim di unit tersebut. Holcim diperkiakan menerima 6,4 miliar franc Swiss atau US$6,4 miliar tunai dari hasil penjualan.

CEO Holcim Jan Jenisch mengatakan pihaknya berencana menggunakan dana hasil divestasi ini untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan lain yang sejalan dengan rencana perseroan untuk mengalihkan fokus dari bisnis semen konvensional.

 “Saat ini, kami sedang melakukan lebih dari 10 kesepakatan,” ungkap Jenish, dikutip Bloomberg, Senin (16/5/2022).

Jenisch, yang bergabung dengan Holcim pada tahun 2017 dari Sika AG, telah menjual bisnis semen non-inti dan membeli perusahaan konstruksi baru untuk memanfaatkan peningkatan permintaan akan bangunan hemat energi.

Kesepakatan akuisisi ini diperkirakan selesai pada paruh kedua tahun 2022.

Analis Phillip Capital Vaibhav Agarwal mengatakan akuisisi ini akan mendorong Adani menjadi produsen semen terbesar kedua di India dari. Adani mengalahkan perusahaan lokal lainnya termasuk JSW Group dalam penawaran akuisisi.

Grup Adani menawarkan 385 rupee per saham untuk Semen Ambuja, lebih mahal 7,2 persen dari harga penutupan di perdagangan bursa India pada Jumat (13/5/2022). Adani juga akan membayar 2.300 rupee per saham untuk saham ACC.

Saham Ambuja Cements naik sebanyak 3,5 persen pada perdagangan Senin pagi di Mumbai, sementara ACC naik sebanyak 7 persen.

Adani telah bergerak di luar bisnis intinya dari mengoperasikan pelabuhan, pembangkit listrik, tambang batu bara dan energi terbarukan dan ke bidang-bidang seperti pusat data, bandara, layanan digital, ritel, dan media.

Adani menjadi orang terkaya di India sekaligus di Asia setelah menggeser posisi Mukesh Ambani. Saat ini ia memiliki kekayaan bersih sekitar US$100 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holcim india
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top