Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2022, Kargo Angkasa Pura I Melonjak Signifikan

PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I melayani 15,9 juta kg kargo selama periode Angkutan Lebaran.
Bandara Sentani./ANTARA-Evarukdijati
Bandara Sentani./ANTARA-Evarukdijati

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I melayani hingga 15,9 juta kg kargo selama periode Angkutan Lebaran yang dimulai sejak 25 April hingga 10 Mei 2022 di 15 bandara yang dikelola. 

Direktur Utama AP I Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah tersebut apabila dibandingkan dengan pada periode yang sama  tahun sebelumnya.

AP I mencatat peningkatan volume kargo hingga 19 persen dari 13,38 juta kg kargo pada 2021. Sebaliknya jika dibandingkan pada periode yang sama dalam kondisi normal sebelum pandemi Covid-19, volume kargo mengalami peningkatan 30 persen dari 12.200.951 kg kargo pada 2019.

"Trafik kargo di 15 bandara yang kami kelola selama periode angkutan lebaran terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir," ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (15/5/2022).

Menurut Faik, tingginya volume kargo ini tidak lepas dari perubahan pola konsumsi masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dari biasanya berbelanja secara langsung atau offline menjadi berbelanja secara online melalui e-commerce. Perubahan pola tersebut turut mendongkrak kinerja kargo melalui pesawat udara khususnya pada musim Lebaran.

Setidaknya ada 3 bandara Angkasa Pura I yang melayani volume kargo terbesar selama periode Angkutan Lebaran, yaitu Bandara Sentani Jayapura yang melayani 4,19 juta kg kargo atau meningkat hingga 55 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 2,71 juta kg kargo. 

Kemudian disusul Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani 3,18 juta kg kargo atau meningkat 14 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 2,79 juta kg kargo dan Bandara Juanda Surabaya yang melayani 2,39 juta kg kargo atau meningkat hingga 27 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang melayani 1,89 juta kg kargo.

Sebagai informasi, trafik kargo di 15 bandara Angkasa Pura I Selama kuartal I/2022 (Januari - Maret) mengalami peningkatan 5,8 persen menjadi 113,93 juta kg kargo dari 107,68 juta kg kargo pada kuartal I/2021.

Angkasa Pura I memproyeksikan dapat melayani hingga 451 juta kg kargo hingga akhir 2022 atau meningkat 4 persen dibandingkan pada 2021 yang melayani hingga 433 juta kg kargo.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper