Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Strategi Tangani Arus Balik hingga Laju Lambat Pasar Mobil Dunia

Selain berita tentang Strategi Menangani Lonjakan Arus Balik, sejumlah kabar lain juga menjadi sorotan, seperti Janji Pembayaran THR Usai Lebaran, Ferrari SP48 Unica, Langkah Pertama KIA ke Dunia PBV, Menagih, hingga Laju Lambat Membayangi Pasar Mobil Dunia.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  07:30 WIB
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022)  -  Jasa Marga
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022) - Jasa Marga

Bisnis, JAKARTA - Puncak arus balik diperkirakan berlangsung hingga Minggu (8/5/2022). Antisipasi kepadatan lalu lintas terus diupayakan oleh Kementerian Perhubungan untuk mengurai kemacetan pada hari akhir libur Lebaran Idulfitri. Salah satunya dengan mengondisikan kepadatan untuk jalur tol dan arteri.

Selain berita tentang Strategi Menangani Lonjakan Arus Balik, sejumlah kabar lain juga menjadi sorotan, seperti Janji Pembayaran THR Usai Lebaran, Ferrari SP48 Unica, Langkah Pertama KIA ke Dunia PBV, Menagih, hingga Laju Lambat Membayangi Pasar Mobil Dunia.

Berikut sejumlah berita pilihan yang disajikan secara komprehensif dan analitik khas Bisnisindonesia.id:

1. Atur Strategi Tangani Lonjakan Arus Balik

Puncak arus balik diperkirakan masih berlangsung hingga Minggu (8/5/2022). Antisipasi kepadatan lalu lintas terus diupayakan untuk mengurai kemacetan pada hari akhir libur Lebaran Idulfitri. Salah satunya, pemerintah akan mengkondisikan kepadatan untuk jalur tol dan arteri.

Dalam perencanaan kementerian, apabila terjadi kepadatan di jalur tol pada saat arus balik, maka kendaraan dari jalan arteri tidak boleh masuk jalan tol atau kendaraan yang di jalur tol akan dikeluarkan ke jalan arteri.

Strategi ini perlu disosialisasikan kepada pemerintah daerah di jalur-jalur arteri sepanjang Pantura seperti di Karawang – Indramayu – Cirebon – Brebes – Tegal – Pekalongan – Batang sampai Semarang.

Sosialisasi tersebut kata dia dibutuhkan agar masyarakat memahami dan mengerti tindakan yang bakal diambil pemerintah bila terjadi kondisi darurat. Pun demikian, pemerintah berharap agar kepadatan tidak terjadi.

Dalam rencananya, pemerintah menerapkan rekayasa lalin berupa one way, ganjil genap, hingga lawan arus (contra flow), mulai dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta.

2. Menagih Janji Pembayaran THR Usai Lebaran

Perayaan Lebaran Idulfitri masih menyisakan prahara bagi pekerja. Meski sebagian besar telah menerima tunjangan hari raya dari perusahaan, namun masih saja kewajiban ini belum ditunaikan sejumlah perusahaan.

Setelah memberi relaksasi bagi perusahaan selama dua tahun terakhir terhadap pembayaran THR, Kementerian Ketenagakerjaan menegaskan tunjangan Lebaran kali ini harus dibayar secara penuh.

Dalam aturannya, pekerja atau buruh yang telah melewati masa kerja satu tahun, wajib menerima tunjangan sebesar satu kali gaji. Sedangkan pekerja dengan durasi kerja di bawah satu tahun dibayarkan THR secara proporsional.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dalam beberapa kesempatan juga telah meminta perusahaan dengan kondisi keuangan baik dapat memberi tunjangan bagi karyawan melebihi kewajiban mereka.

Kementerian membuka Posko THR sejak 8 April - 8 Mei 2022. Pusat pengaduan dan konsultasi ini diperuntukan bagi pekerja yang ingin membuat laporan atau perusahaan yang hendak berkonsultasi terharap tunjangan hari raya. Hingga penutupannya, Kemnaker telah menerima 5.589 aduan, terdiri dari pengaduan online sebanyak 3.003 dan 2.586 konsultasi online.

3. Ferrari SP48 Unica, Kuda Jingkrak Satu-satunya dari Maranello

Ferrari SP48 Unica menjadi tambahan terbaru untuk seri Kuda Jingkrak One-Off dan resmi bergabung dengan grup paling eksklusif di seluruh produksi Maranello.

Ferrari SP48 Unica adalah mobil unik yang dipesan lebih dahulu, dibuat dengan spesifikasi untuk satu klien, dan dirancang sebagai ekspresi dari kebutuhan individu.

SP48 Unica dirancang oleh Ferrari Styling Center di bawah arahan Flavio Manzoni, Chief Design Officer. Ia adalah mobil sport berlinetta dua tempat duduk yang dikembangkan pada platform F8 Tributo.

Garis-garisnya yang tegas dan sikap agresif membuatnya langsung dikenali dari model aslinya, dan tidak salah lagi, berkat profil depannya yang berbentuk panah. Inti untuk mencapai efek ini adalah desain ulang lampu depan dan relokasi berikutnya dari intake udara rem.

Aspek penting dari desain mobil yang unik ini adalah penggunaan ekstensif teknik pemodelan prosedural-parametrik dan prototipe 3D (manufaktur aditif) yang memungkinkan perancang Pusat Styling Ferrari dan insinyur Maranello untuk sepenuhnya mendesain ulang kisi-kisi depan dan saluran masuk udara mesin.

SP48 Unica dilahirkan dari proyek khusus One-Offs Ferrari. Keunikan Kuda Jingkrak satu-satunya ini ditandai dengan desain eksklusif yang dibuat berdasarkan kebutuhan setiap klien individu untuk memastikan masing-masing menjadi pemilik model yang benar-benar unik.

4. Niro Plus, Langkah Pertama KIA ke Dunia PBV

Kia telah meluncurkan Niro Plus, kendaraan pertama yang dibuat khusus (PBV). Jauh hari sebelumnya, Hyundai dan Canoo telah membangun mengembangkan platform kendaraan listrik standar yang dapat diskalakan. Apa target strategi PBV?

Sebagai Penyedia Solusi Mobilitas Berkelanjutan, Kia sedang menjajaki beragam cara untuk membantu orang dan bisnis bergerak melampaui otomotif tradisional. Kia mengharapkan model PBV-nya menjadi bagian penting dari mobilitas masa depan.

Kia Niro Plus akan digunakan sebagai model umum dan taksi tanpa emisi di Korea, dengan perusahaan memodifikasi generasi pertama Niro EV agar sesuai dengan tuntutan panggilan mobil modern. Pengenalannya mengikuti peluncuran Ray Van pada Februari.

Ray Van adalah van satu tempat duduk pertama Korea yang dirancang untuk memenuhi permintaan nasional yang terus meningkat untuk layanan pengiriman kargo kecil.

Kia adalah salah satu penggerak pertama di pasar PBV global dan berambisi menjadi pemimpin pasar pada 2030. Untuk tujuan ini, perusahaan sedang mengembangkan platform khusus di mana PBV dengan berbagai bentuk dan ukuran tempat duduk, memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang dan trend pasar.

5. Laju Lambat Membayangi Pasar Mobil Dunia

Penjualan mobil secara global diprediksi melanjutkan pemulihan, meski berjalan masih relatif lambat. Hal ini lantaran hilangnya sejumlah momentum yang dihadapi ekonomi internasional.

"Kinerja pasar mobil dunia sangat bergantung pada situasi pasokan untuk komponen semikonduktor, perang di Ukraina, perjalanan lebih lanjut dari industri otomotif, dan pandemi virus corona, khususnya di China," pernyataan Grup BMW dalam laporan bertajuk Quarterly Statement.

BMW mengutip laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini hanya 3,6%, lebih rendah dari perkiraan awal tahun sebesar 4,0%. Koreksi pertumbuhan ekonomi IMF menggarisbawahi hilangnya momentum yang dihadapi ekonomi internasional.

Atas dasar itu, BMW Group memproyeksikan pasar mobil dunia akan bertumbuh 1%. Pasar Uni Eropa bertumbuh -1%, Inggris +10%, Amerika Serikat +2%, China +1%, Jepang +3%, dan Korea Selatan +6%.

Sepanjang tahun lalu, penjualan mobil global mencapai 66,7 juta unit, meningkat sekitar 5% dari sekitar 63,8 juta unit pada 2020. BMW bertahan menjadi pabrikan mobil dengan penjualan terbanyak ke-10.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik ferrari Arus Balik
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top