Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Puncak Arus Balik, Lonjakan Penumpang di Bakauheni Belum Terlihat

Jumlah kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga Jumat (6/5) masih belum menunjukkan peningkatan signifikan jelang puncak arus balik 2022.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  15:00 WIB
Situasi Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Jumat (6/5/2022) siang. Belum tampak adanya antrean kendaraan mengular menjelang puncak arus balik Lebaran 2022  -  BISNIS / Rezha Hadyan.
Situasi Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Jumat (6/5/2022) siang. Belum tampak adanya antrean kendaraan mengular menjelang puncak arus balik Lebaran 2022 - BISNIS / Rezha Hadyan.

Bisnis.com, LAMPUNG - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) menyatakan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung hingga Jumat (6/5) masih belum menunjukkan peningkatan signifikan jelang puncak arus balik Lebaran 2022.

General Manager ASDP Indonesia Cabang Utama Bakauheni, Suharto menyebut hingga Kamis (5/5) malam kendaraan yang menyeberang menuju Jawa terbilang ramai lancar. Tidak terlihat adanya penumpukan kendaraan seperti yang terjadi saat puncak arus mudik beberapa waktu lalu.

“Arus balik di [Pelabuhan] Bakauheni ini terkesan masih landai untuk saat ini. Hanya pada Kamis (5/5/2022) malam kemarin sempat terjadi keramaian atau antrean yang akhirnya bisa terurai sebelum pukul 24.00 WIB,” kata Suharto ketika ditemui Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia, Jumat (6/5/2022).

Diprediksi, puncak arus balik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni akan terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5). Sebagai upaya antisipasi penumpukan kendaraan maupun penumpang, Suharto mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan 68 kapal yang akan dioperasikan di tujuh dermaga, meliputi satu dermaga ekspres atau eksekutif dan enam dermaga reguler.

“Kalau kondisinya padat akan dikerahkan. Kalau saat ini, Jumat (6/5) pagi. Jumlah kapal yang dioperasikan sebanyak 35 unit. Apabila padat, setiap dermaga nantinya akan melayani tujuh kapal sekaligus,” ujarnya.

Selain itu, disiapkan pula delapan kapal untuk melayani rute Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung - Pelabuhan Ciwandan, Cilegon untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Bakauheni, khususnya saat puncak arus balik Lebaran 2022.

Suharto menjelaskan, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang berada di sebelah timur Pelabuhan Bakauheni juga ikut disiapkan untuk mengantisipasi mengularnya antrean penyeberangan menuju Jawa.

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa-Bali dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (Pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung bakauheni asdp Arus Balik
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top