Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dipimpin Kepala Badan Otorita, Apa Saja Tugas Tim Transisi IKN?

Pemerintah resmi membentuk Tim Transisi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diketuai oleh Kepala Otorita IKN.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  17:19 WIB
Tangkapan layar - Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala IKN Donny Rahajoe usai dilantik Presiden Joko Widodo, Kamis (10/3/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Tangkapan layar - Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala IKN Donny Rahajoe usai dilantik Presiden Joko Widodo, Kamis (10/3/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah resmi membentuk Tim Transisi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diketuai oleh Kepala Otorita IKN. Pembentukan Tim Transisi IKN ini berdasarkan Keputusan Menteri Sekretariat Negara No. 105/2022.

Berdasarkan beleid tersebut, Tim Transisi IKN dibentuk dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Dalam Pasal 3 beleid tersebut, disebutkan tugas dari Tim Transisi IKN, yaitu, pertama, mengkonsolidasikan penyelenggaraan program/kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dan Otorita IKN dalam rangka persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Kedua, memfasilitasi tindak lanjut arahan/kebijakan Presiden guna memperlancar dan mempercepat persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

“[Ketiga], memfasilitasi tindak lanjut arahan/kebijakan Presiden guna memperlancar dan mempercepat persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN,” seperti tertulis beleid tersebut yang dikutip Bisnis, Jumat (6/5/2022).

Keempat, memberikan masukan mengenai langkah-langkah penyelesaian permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Kelima, membantu penyiapan dan perencanaan tetapi tidak terbatas pada penataan regulasi, penanganan isu-isu hukum, dan kerja sama antara Otorita IKN dan pihak lain.

Keenam, mengelola data dan informasi terkait dengan pelaksanaan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN dengan pihak terkait.

Ketujuh, melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Kedelapan, melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Terakhir, memastikan realisasi kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tugas dari Tim Transisi IKN tersebut dilaksanakan sejak Keputusan Menteri ini ditetapkan, yaitu pada 28 April 2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nusantara IKN ibu kota negara
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top