Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik: Optimalisasi Rest Area, Pembelian BBM Akan Dibatasi

Guna mencegah penumpukan di rest area saat arus balik lebaran, pembelian BBM di SPBU akan dibatasi.
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara/Oky Lukmansyah
Rest area jalan tol Trans Jawa./Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) berencana melakukan optimalisasi fungsi rest area guna menghindari terjadinya penumpukan saat arus balik lebaran 2022 hingga akhir pekan ini. Sejumlah strategi disiapkan, mulai dari pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) di rest area hingga penambahan sejumlah fasilitas penunjang.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business (JMRB) Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan atas hasil evaluasi pada pelaksanaan arus mudik Idulfitri lalu, peningkatan pelayanan pada arus balik ini di antaranya adalah dengan menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung.

Menurutnya, penambahan petugas juga berfungsi untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

"Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan ketika mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet. Maka dari itu, kami menambah petugas rest area untuk mengarahkan pengunjung yang hendak menuju fasilitas tertentu. Meski begitu, kami pun telah menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Kamis (5/5/2022).

Menurut Meta, JMRB juga akan mengubah fungsi sebagian toilet pria menjadi toilet wanita jika terjadi penumpukan antrean di toilet. Pasalnya, selama arus mudik kemarin, antrean cenderung terjadi di toilet wanita.

Dia menambahkan, JMRB telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk membatasi pembelian BBM. Hal ini dilakukan guna mengurangi antrean di SPBU yang dapat berdampak pada kepadatan di rest area.

"Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU. Namun, jika hal tersebut masih belum berdampak, petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper