Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IPEX 2022 Segera Hadir! Simak Tips Beli Rumah di Pameran

Agar proses pembelian properti selama pameran dapat berlangsung dengan efisien dan hemat waktu, berikut tips membeli rumah selama pameran.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  11:56 WIB
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Pengunjung mencari informasi di stan Bank BTN pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (BBTN) atau BTN bekerja sama dengan PT Adhouse Clarion Events akan menyelenggarakan pameran rumah murah bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) ke 39 yang dilaksanakan pada 14 - 22 Mei 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Acara ini akan diikuti oleh 60 pengembang dan menampilkan 650 proyek properti dengan harga properti mulai Rp168 juta.

Agar proses pembelian properti selama pameran dapat berlangsung dengan efisien dan hemat waktu, berikut tips membeli rumah selama pameran dilansir dari situs resmi IPEX, Kamis (05/05/2022):

  1. Memastikan Lokasi Rumah yang Diinginkan

Langkah pertama untuk membeli rumah dalam sebuah pameran adalah memastikan terlebih dulu mengenai lokasi properti yang akan dibeli. Anda harus mempertimbangkan tentang lokasi rumah yang akan digunakan sebagai hunian maupun investasi tersebut.

Kendati demikian, anda dapat membuat sejumlah opsi terkait kepastian lokasi tersebut. Misalnya, anda berniat membeli rumah minimalis di sekitar Depok, Bogor, Tangerang ataupun di daerah lainnya. Oleh karena itu, anda harus fokus pada pencarian rumah di sekitar tiga lokasi tersebut.

  1. Menentukan Tipe Rumah

Tips cerdas untuk membeli rumah selama pameran selanjutnya yaitu memilih tipe rumah yang akan dibeli dan memperhitungkan kemampuan atau budget yang dimiliki.

Langkah ini sangat membantu anda agar tidak bingung dan bisa lebih fokus pada rumah idaman. Misalnya anda memilih tipe atau luas apartemen. Anda dapat menentukan arah apartemen dan fasilitas yang ingin anda dapatkan.

Agar tidak membuang waktu lama menunggu jenis rumah yang masih indent, anda dapat memilih tipe rumah baru yang sudah ready stock.

  1. Kemampuan Finansial

Kemudian setelah menentukan tipe rumah, anda dapat menyesuaikan rumah yang diinginkan dengan budget yang dimiliki.

Langkah ini sangat penting bagi anda karena untuk mencari tahu harga pasar terkini pada jenis properti tersebut. Anda dapat menentukan unit rumah dengan harga berapa yang mampu dibeli dan berapa besaran cicilan yang disanggupi per bulannya.

Anda harus mengetahui kemampuan daya beli anda. Secara mudah, bank menilai kemampuan mencicil konsumen dengan perhitungan sepertiga dari penghasilan. Jadi, bila penghasilan Rp10 juta, maka kemampuan mencicil per bulannya sebesar Rp3 juta.

  1. Metode Pembayaran

Langkah selanjutnya tips cerdas beli rumah di pameran properti yaitu memastikan metode pembayaran. Terlebih pada transaksi properti pastinya tidak akan lepas dari investasi yang harus dirogoh dari kocek Anda.

Oleh karena itu, memastikan metode pembayaran yang paling ideal sangat krusial. Lalu, apakah Anda nyaman dengan KPR, berapa tahun cicilan yang bisa disesuaikan budgetnya.

Terlebih anda juga harus menentukan juga terkait kisaran uang muka, karena jumlah ini tentunya akan berdampak pada besaran cicilan disetiap bulannya.

     5. Mempelajari Track Record Developer

Tips cerdas selanjutnya yaitu mempelajari tentang track record developer. Apalagi, beli rumah adalah investasi jangka panjang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Maka dari itu, anda jangan lupa untuk selalu mengecek reputasi pengembang. Pastikan anda bisa mempercayai reputasi pengembang tersebut.

Selanjutnya, anda disarankan bisa membedakan developer atau pengembang yang lebih kredibel tentu sudah mempunyai banyak proyek yang tersebar di sejumlah lokasi dan investasi yang dikeluarkan akan lebih aman.

Meskipun begitu, apabila Anda ingin beli rumah yang sudah jadi, tidak masalah untuk memilih pengembang yang menawarkan propertinya dengan harga menarik.

Terakhir, anda harus benar-benar bisa memastikan soal legalitasnya sudah aman dan memastikan telah bekerjasama dengan bank.

  1. Mencari Promo Menarik

Pameran properti merupakan momen pengembang maupun bank pengucur KPR (kredit pemilikan rumah) menawarkan promo dan gimmick menarik. Konsumen harus pandai mencari dan memilih promo yang paling sesuai dengan kebutuhan atau kemampuan.

Misalnya: uang muka (DP) 0% persen, DP bertahap, pembayaran tunai bertahap (installment), hadiah langsung, tambahan fasilitas di rumah yang dibeli, atau cicilan KPR dengan suku bunga rendah dari bank.

  1. Persiapkan Dokumen Penting

Tips beli rumah di pameran berikutnya adalah mempersiapkan dokumen penting sebagai persyaratan untuk pengajuan KPR.

Pada pameran properti tidak hanya dikunjungi oleh developer saja, tapi Anda harus mengetahui juga terkait pihak bank yang memberikan banyak kemudahan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Anda datang ke pameran properti membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan KPR.

  1. Menggunakan Waktu Sebaik-baiknya

Pameran properti termasuk IPEX umumnya diselenggarakan sekitar satu atau dua pekan. Dengan demikian, konsumen memiliki cukup waktu mempertimbangkan dan memutuskan membeli rumah incarannya di pameran properti tersebut.

Biasanya konsumen perlu berdiskusi dengan keluarga atau bahkan meninjau lokasi. Jadi tidak mengherankan bila transaksi tidak hanya terjadi saat pameran, tetapi juga pasca-pameran usai—bahkan hingga tiga bulan setelahnya.

Selama pameran berlangsung, agar anda tidak perlu membuang waktu mengunjungi booth satu persatu untuk mencari properti yang diinginkan, anda dapat langsung bertanya di bagian informasi yang terletak persis dipintu masuk lobby Hall-A Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn rei penjualan properti pameran properti ipex 2020
Editor : Dwi Nicken Tari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top