Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dijamin Cuan! 5 Tips Berbisnis Sewa Rumah

Untuk menambah penghasilan, bisnis sewa rumah merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, selama memperhatikan 5 hal berikut inu
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  08:16 WIB
Dijamin Cuan! 5 Tips Berbisnis Sewa Rumah
Pemilik kontakan di Kampung Dukuh, Kramat Jati memberi diskon 50 persen bagi para penghuninya. - Desynta

Bisnis.com, JAKARTA - Properti telah lama dimanfaatkan sebagai instrumen investasi yang paling dapat diandalkan, dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti deposito atau emas, investasi properti dianggap lebih aman dan menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Salah satu bentuk keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi properti adalah dengan menyewakannya, hal ini dikarenakan pasar penyewa properti khususnya rumah cukup tinggi.

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk menjalankan bisnis sewa rumah, Bisnis merangkum 5 tips berbisnis sewa rumah untuk mendapatkan keuntungan yang patut Anda coba:

1. Menentukan Harga Sewa Rumah


Bisnis persewaan rumah mendatangkan passive income baik bulanan maupun tahunan di luar penghasilan utama Anda. Dilansir dari situs Agung Sedayu Group, untuk memaksimalkannya, tetapkan harga sewa yang tepat. Jangan memasarkan terlalu murah atau mahal.

Dua cara ini bisa Anda terapkan untuk menentukan harga sewa rumah. Pertama, Anda bisa mengetahui kisaran harga sewa rumah di area sekitar area yang berlaku. Cara kedua adalah dengan menggunakan rumus harga rumah dikalikan dengan Capitalization Rate. Tingkat Kapitalisasi rumah di Jakarta mencapai 3 sampai 5 persen per tahun. Misalnya Anda membeli rumah dengan harga Rp1,5 milyar, maka untuk mengetahui harga sewa per tahun adalah dengan mengalikan Rp1,5 miliar sebesar 5 persen. Alhasil, Anda bisa mematok harga sewa rumah sebesar Rp75 juta per tahun.

2. Menentukan Target Pasar


Tips menjalankan bisnis sewa rumah selanjutnya adalah Anda perlu menentukan target pasar yang akan menyewakannya nanti. Memperhatikan karakteristik demografi dan kemajuan ekonomi lingkungan setempat. Jika di daerah tersebut banyak terdapat perkantoran atau pusat kegiatan bisnis, maka target pasar investasi rumah Anda adalah para pekerja dan eksponen perkantoran lainnya. Selain itu, Anda bisa membidik penyewa dari keluarga jika rumah yang Anda tawarkan cukup besar untuk lebih dari 3 orang.

3. Memilih Lokasi yang Tepat


Dikutip dari situs Agung Podomoro Group, Anda perlu memperhatikan lokasi dan detail area di sekitar rumah yang Anda pilih. Pastikan daerah tersebut memiliki akses mudah baik transportasi umum maupun pribadi saat Anda memutuskan untuk berinvestasi rumah. Biaya transportasi yang dikeluarkan akan lebih hemat dan terjangkau jika rumah memiliki lokasi yang strategis. Kawasan hunian yang dikembangkan secara optimal akan mendukung kenaikan harga sewa.

4. Memperhatikan Fasilitas Area Tempat Tinggal


Karakteristik rumah ideal berada di kawasan yang memiliki fasilitas lengkap seperti gym, clubhouse, kolam renang, area jogging, taman bermain anak, bank center hingga akses yang memadai seperti jalan tol yang memudahkan penghuni untuk beraktivitas. Pastinya Anda bisa menentukan harga yang optimal saat memilih rumah yang memiliki kriteria sewa tersebut. Jadi, pilihlah rumah di area yang tepat.

5. Mempromosikan Rumah yang Disewakan Melalui Platform Digital


Pada era digital ini, masyarakat telah terbiasa mengandalkan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pekerjaan, hiburan hingga mencari segala kebutuhan sehari-hari dan tempat tinggal. Anda bisa memasarkan rumah Anda melalui media sosial atau marketplace properti terpercaya dengan menyertakan foto dan kata-kata yang menarik untuk menarik penyewa. Sertakan juga kelebihan rumah yang ingin Anda sewa mulai dari fasilitas, akses, lokasi dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan properti sewa rumah investasi properti
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top