Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Lebaran, BPH Migas Pastikan Penyaluran BBG Area Jatim hingga Bali Lancar dan Aman

Jelang libur Lebaran, BPH Migas memastikan pelayanan penyaluran gas bumi untuk area Jatim hingga Bali lancar.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 30 April 2022  |  17:00 WIB
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk sedang memeriksa operasional jaringan gas rumah tangga. Istimewa - PGN
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk sedang memeriksa operasional jaringan gas rumah tangga. Istimewa - PGN

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terus melakukan pemantauan ketersediaan BBM dan gas bumi jelang Idulfitri 1443 H.

Komite BPH Migas Wahyudi Anas dan Abdul Halim meninjau wilayah Sales Operation Regional III PT PGN Tbk Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara (SOR III) untuk memastikan pelayanan penyaluran gas bumi lancar.

"Kunjungan difokuskan langsung dengan sektor yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan gas bumi di kelompok masyarakat. Kita tinjau dari sisi hulu, kebutuhan gas selama libur Lebaran [RAFI 2022], masih dapat terpenuhi dan ada beberapa industri yang libur Lebaran sehingga alokasi untuk pelanggan kecil, rumah tangga, dan BBG semua terjamin aman dan tidak ada pengurangan," ujar Wahyudi dalam siaran pers, Sabtu (30/4/2022).

Lebih lanjut, Wahyudi mengungkapkan untuk sektor jargas (jaringan gas), pelanggan kecil dan BBG menjadi prioritas karena sektor tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tekanan operasi pada jaringan pipa yang dibutuhkan cukup rendah, sehingga dipastikan kondisi ini semua akan terjamin.

"Kami tadi mengunjungi dan memastikan bahwa layanan gas di Rusun Penjaringan dan usaha UMKM Kampung Kue di Rungkut, Surabaya terlayani dengan baik. Meski saat ini, Jawa Timur mengalami gangguan pasokan atau shortage dari sisi hulu, sektor rumah tangga tetap terjamin keamanan gasnya," imbuh Komite BPH Migas Abdul Halim.

Selama periode H-7 lebaran, General Manager SOR III PGN Edi Armawiria menjelaskan bahwa kebutuhan gas pelanggan industri dalam periode sekitar RAFI memang cenderung menurun.

Antisipasi kebutuhan gas bumi dilakukan melalui optimasi pola operasi di jaringan distribusi dan transmisi maupun upaya perkuatan infrastruktur salah satunya adalah membangunan pipa jumperline Tambak Lorok - Tambak Rejo. Hal ini membawa dampak positif di mana pasokan dan pasar Jawa Timur - Jawa Tengah dapat diintegrasikan.

Adapun, penyaluran gas bumi PGN di wilayah SOR III dilakukan untuk melayani kebutuhan 151.027 pelanggan dengan total volume 126 BBTUD. Sebagian besar pelanggan PGN merupakan pelanggan rumah tangga sebanyak 150.450 pelanggan, 576 merupakan segmen komersial dan industri, serta terdapat 1 SPBG.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbg gas bumi bph migas jaringan pipa gas
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top