Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wow! Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Tembus Rp9,6 juta! Kemenhub Buka Suara

Kemenhub merespons soal isu adanya harga tiket Jakarta–Aceh yang mencapai Rp9,6 juta untuk sekali terbang saat mudik Lebaran 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 April 2022  |  14:35 WIB
Wow! Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Tembus Rp9,6 juta! Kemenhub Buka Suara
Bandara Hang Nadim, Batam. - batam/airport.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons keluhan harga tiket pesawat rute Jakarta–Aceh yang mencapai Rp9,6 juta per orang untuk sekali terbang.

Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Aryani Satyamurni memastikan tarif tiket yang dijual maskapai nasional ke sejumlah rute selama lebaran masih dalam rentang Tarif Batas Atas (TBA) yang ditetapkan atau sesuai dengan kebijakan tuslah atas fuel surcharge.

Dia telah memantau bahwa pada masa angkutan lebaran tahun ini, hingga saat ini belum ada maskapai yang melanggar tarif batas atas penerbangan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Jika ada maskapai yang melanggar, akan akan dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 27/2021," katanya, Jumat (29/4/2022).

Dia menambahkan terkait harga tiket yang tinggi, pemerintah sudah menetapkan aturan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan  No. 106/2019 mengenai Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) untuk penerbangan reguler kelas ekonomi.

Adapun, TBA adalah batas atas ditentukan oleh tarif jarak penerbangan dan batas bawah ditentukan oleh 35 persen dari batas atas dari masing-masing kelompok pelayanannya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengirimkan surat untuk Presiden Joko Widodo dan sejumlah maskapai penerbangan terkait mahalnya harga tiket dalam perjalanan dari dan menuju wilayah tersebut.

Dilansir dari Antara, harga tiket Jakarta - Aceh yang bisa dipesan melalui online mencapai Rp9,6 juta per orang  untuk sekali jalan. Padahal, normalnya harga tiket hanya Rp2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub tiket pesawat Mudik Lebaran mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top