Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! Tiket Pesawat Jakarta–Aceh Tembus Rp9,6 juta! Kemenhub Buka Suara

Kemenhub merespons soal isu adanya harga tiket Jakarta–Aceh yang mencapai Rp9,6 juta untuk sekali terbang saat mudik Lebaran 2022.
Bandara Hang Nadim, Batam. /batam-airport.com
Bandara Hang Nadim, Batam. /batam-airport.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons keluhan harga tiket pesawat rute Jakarta–Aceh yang mencapai Rp9,6 juta per orang untuk sekali terbang.

Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Aryani Satyamurni memastikan tarif tiket yang dijual maskapai nasional ke sejumlah rute selama lebaran masih dalam rentang Tarif Batas Atas (TBA) yang ditetapkan atau sesuai dengan kebijakan tuslah atas fuel surcharge.

Dia telah memantau bahwa pada masa angkutan lebaran tahun ini, hingga saat ini belum ada maskapai yang melanggar tarif batas atas penerbangan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Jika ada maskapai yang melanggar, akan akan dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 27/2021," katanya, Jumat (29/4/2022).

Dia menambahkan terkait harga tiket yang tinggi, pemerintah sudah menetapkan aturan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan  No. 106/2019 mengenai Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) untuk penerbangan reguler kelas ekonomi.

Adapun, TBA adalah batas atas ditentukan oleh tarif jarak penerbangan dan batas bawah ditentukan oleh 35 persen dari batas atas dari masing-masing kelompok pelayanannya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengirimkan surat untuk Presiden Joko Widodo dan sejumlah maskapai penerbangan terkait mahalnya harga tiket dalam perjalanan dari dan menuju wilayah tersebut.

Dilansir dari Antara, harga tiket Jakarta - Aceh yang bisa dipesan melalui online mencapai Rp9,6 juta per orang  untuk sekali jalan. Padahal, normalnya harga tiket hanya Rp2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper