Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mudik 2022: AP I Antisipasi Lonjakan Besar Penumpang Pesawat

AP I mengantisipasi adanya lonjakan besar jumlah penumpang pesawat
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 April 2022  |  12:00 WIB
Mudik 2022: AP I Antisipasi Lonjakan Besar Penumpang Pesawat
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN - Bisnis/Wibi Pangestu. 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I telah mengoperasikan Posko Angkutan Lebaran Terpadu di 15 bandara kelolaan mulai 25 April–10 Mei 2022 karena memprediksi ada lonjakan besar penumpang pesawat.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pengoperasian posko terpadu ini ditujukan untuk mengawal kelancaran arus transportasi udara pada momen mudik Lebaran 2022.

Selama periode Angkutan Lebaran, Angkasa Pura I memprediksi akan melayani sebanyak 2,4 juta penumpang dan 19.579 pergerakan pesawat udara. Jika dibandingkan dengan periode peniadaan arus angkutan Lebaran 2021, hanya terdapat 428.156 penumpang terlayani, maka terdapat pertumbuhan yang cukup drastis untuk pergerakan pesawat, yaitu hingga 452 persen.

Untuk pergerakan pesawat, jika dibandingkan dengan 5.931 pergerakan pesawat di periode tahun lalu, maka di tahun ini diprediksi akan terjadi lonjakan jumlah pergerakan pesawat hingga 230 persen.

"Setelah masa peniadaan angkutan Lebaran di tahun lalu, di tahun ini kami memprediksi akan terdapat lonjakan yang sangat besar," kata Faik dalam siaran pers, Jumat (29/4/2022).

Terlebih, beberapa bandara kelolaan AP I merupakan bandara tujuan mudik. Perseroan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat & memastikan kebersihan fasilitas-fasilitas publik di bandara secara berkala.

Pengawasan terhadap antrian juga dilakukan seoptimal mungkin untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan pada area check-in, screening checkpoint, ruang tunggu, gate/aviobridge, area baggage claim hingga area pick up zone penumpang.

Dalam pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu di 15 bandara kelolaannya, Angkasa Pura I menjalin sinergi dengan sejumlah instansi anggota komunitas bandara, di antaranya adalah Kantor Otoritas Bandara, TNI, Kepolisian, BMKG, Airnav Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Custom-Immigration-Quarantine (CIQ), maskapai penerbangan, serta ground handling.

Secara total, jumlah personel yang terlibat dalam Posko Angkutan Lebaran mencapai 4.152 personel, yang terdiri dari 3.982 personel internal dari Angkasa Pura I, serta 170 personel dari berbagai instansi komunitas bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i Mudik Lebaran mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top