Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2022, 1.109 Pemudik Berangkat dari Tanjung Priok

Menjelang Hari Raya Lebaran, para pemudik sudah berangkat dari Tanjung Priok meninggal Jakarta menuju kampung halaman, naik kapal KM. Dobonsolo.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 April 2022  |  07:47 WIB
Kapal Tunda (tug-boat) memandu Kapal Motor (KM) Dobonsolo yang akan bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/4/2022). Kapal dari Makasar tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu menurunkan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebanyak 1.300 orang. - Antara/Didik Suhartono.\r\n
Kapal Tunda (tug-boat) memandu Kapal Motor (KM) Dobonsolo yang akan bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (24/4/2022). Kapal dari Makasar tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu menurunkan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebanyak 1.300 orang. - Antara/Didik Suhartono.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebanyak 1.109 orang berangkat mudik Lebaran naik kapal KM. Dobonsolo di dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Jumlah tersebut termasuk juga di antaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha mengatakan bahwa setelah 2 tahun dilakukan pembatasan mudik, kini pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik. Namun, syarat mudik Lebaran yang harus dilengkapi sudah menjalani vaksin dosis lengkap dan booster.

"Peran masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat, sehingga diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk memastikan mereka sehat dan telah melakukan vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai," ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Jumlah pemudik Lebaran 2022, berpotensi mencapai 85,5 juta orang dan sebanyak 1,4 juta penumpang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234 persen dibandingkan dengan pada 2021.

"Hal ini sangat dimaklumi setelah selama dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan selama libur Lebaran," ujarnya.

Di sisi lain, Kemenhub juga memberikan program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor. Penggunaan sepeda motor saat mudik masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan.

Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

"Untuk itu, Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran. Kami meminta agar pemudik dapat menggunakan angkutan umum, atau fasilitas mudik gratis, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, BUMN, maupun swasta, salah satunya program mudik gratis naik kapal laut ini," ujar Arif.

Tahun ini, program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk 2 (dua) kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta 2 (dua) kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM. Ciremai.

Arif berpesan bahwa mudik adalah tanggungjawab bersama, sehingga untuk mewujudkan mudik dengan aman dan sehat diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk dari para pemudik untuk meningkatkan kesadaran diri untuk selalu taat prokes.

Sebagai informasi, penumpang mudik gratis dapat menikmati fasilitas yang tersedia di atas kapal laut.

Untuk di KM. Dobonsolo terdapat memiliki fasilitas seperti sarana ibadah, cafetaria, sarana hiburan, sarana permainan bagi anak-anak, dan tentu saja dilengkapi dengan alat keselamatan seperti lifeboat sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal tanjung priok Mudik Lebaran
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top