Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Ada Antrean Pertalite, Operasional SPBU di Serpong Kembali Normal

Konsumsi Pertalite di sebuah SPBU di BSD Serpong terjadi peningkatan, dari semula 11-14 kilo liter menjadi sedikitnya 30 kiloliter seiring beralihnya konsumen akibat kenaikan harga Pertamax.
Salah satu SPBU di BSD Serpong, Tangerang Selatan/Bisnis-Faustina Prima
Salah satu SPBU di BSD Serpong, Tangerang Selatan/Bisnis-Faustina Prima

Bisnis.com, JAKARTA - Kelangkaan BBM jenis RON 90 atau Pertalite terjadi di sejumlah daerah, yang ditandai dengan mengularnya antrean kendaraan.

Kelangkaan tersebut terjadi setelah pemerintah resmi menaikkan harga BBM RON 92 atau Pertamax menjadi dari sebelumnya Rp9.000-Rp9.400 per liter menjadi Rp12.500-Rp 13.000 per liter. Kenaikan harga tersebut disinyalir menyebabkan migrasi konsumen Pertamax ke Pertalite.

Manajer SPBU di kawasan Boulevard BSD Timur, Serpong, Tangerang Selatan, Diran mengakui adanya lonjakan konsumsi Pertalite pada akhir Maret 2022 hingga sehari pasca kenaikan harga Pertamax melonjak.

"Di akhir Maret sampai sehari setelah harga Pertamax naik, Pertalite memang sering habis. Normalnya 11-14 kL, tapi naik sampai 30 kL, biasanya [Pertalite] habis sehari, ini sudah habis setengah hari," sebut Diran kepada Bisnis, Rabu (06/04/2022).

Meski demikian, Diran menyebutkan saat ini konsumsi Pertalite sudah kembali normal. "Sekarang sudah balik normal," kata Diran.

Adapun, menurut Diran, pasokan BBM dari Pertamina masih berjalan normal baik sebelum maupun sesudah kenaikan harga Pertamax, hanya saja pada akhir Maret 2022 hingga 2 April 2022 sering terjadi keterlambatan.

"Pasokan [BBM] dari Pertamina sejauh ini normal. Pertalite dipasok 32 kL, Pertamax 16 kL, solar 16 atau 8 kL. Tidak ada pemotongan suplai. Tetapi sering terlambat [pengirimannya]. Harusnya sebelum jam 6 pagi sudah dikirim, tapi baru dikirim sore, ini membuat antrean kendaraan sampai mengular ke jalan," papar Diran.

Saat ini, lanjut Diran, keterlambatan pengiriman telah teratasi. "Setelah 3 hari, pengiriman sudah normal kembali," imbuhnya.

Sebagai catatan, SPBU tersebut merupakan SPBU jenis DODO (Dealer Owned Dealer Operate), yang artinya kepemilikan dan operasional SBPU tersebut dikelola oleh swasta. Adapun proses pengiriman BBM dari Pertamina dilakukan dengan cara mengajukan DO (delivery order) sehari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper