Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiket Kereta Api Mudik Sudah Bisa Dibeli H-30

KAI menetapkan masa angkutan lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Idulfitri atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan kereta api sebanyak 401 KA rata-rata per hari, dengan rata-rata kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 216.608 tempat duduk, baik untuk jarak jauh dan lokal setiap harinya.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 31 Maret 2022  |  16:11 WIB
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA -Tiket kereta api untuk mudik Idulfitri tahun ini sudah bisa dibeli. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa angkutan lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, situs web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat ini, KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh 30 hari sebelum keberangkatan atau H-30. Per 1 April, KAI menjual tiket sejak H-45 keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan perubahan tersebut dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Di sisi lain, dia mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” kata Joni melalui siaran pers, Kamis (31/3/2022).

KAI menetapkan masa angkutan lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Idulfitri atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan kereta api sebanyak 401 KA rata-rata per hari, dengan rata-rata kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 216.608 tempat duduk, baik untuk jarak jauh dan lokal setiap harinya.

Adapun, sesuai dengan aturan pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh yakni 100 persen dan untuk KA lokal sebesar 70 persen.

Sampai dengan hari ini, Kamis (31/3/2022), KAI telah menjual 155.672 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode 22 sampai dengan 30 April, atau 15 persen dari total tiket yang disediakan.

Joni mencatat kereta api favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen--Surabaya Pasarturi pp; Bengawan relasi Pasar Senen--Purwosari pp; Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen--Surabaya Gubeng pp; dan Taksaka relasi Gambir--Yogyakarta pp.

Sementara itu, tanggal keberangkatan favorit atau yang paling banyak dipesan oleh masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April.

"Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Joni.

Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran ini, KAI juga telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. Bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya, kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api telah dilaksanakan. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuhnya dan disediakan hand sanitizer. Saat di dalamkereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

“Momen Angkutan Lebaran ini tentu dirindukan masyarakat untuk kembali mudik ke kampung halaman. KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan selalu menjaga protokol kesehatan,” tutup Joni.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai tiket kereta api Mudik Lebaran
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top