Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Harga Konsumen pada Maret 2022 Diprediksi Alami Inflasi yang Relatif Tinggi

Peningkatan tersebut terutama didorong oleh kenaikan harga bahan pangan di tengah permintaan pangan yang meningkat secara musiman pada bulan sebelum Ramadhan dan pencabutan pagu harga eceran (HET) minyak goreng.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  16:46 WIB
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek tersedia di etalase pasar swalayan Karanganyar pada Kamis (17/3/2022).  -  Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani.
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek tersedia di etalase pasar swalayan Karanganyar pada Kamis (17/3/2022). - Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani.

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Maret 2022 diperkirakan akan mencatat inflasi yang relatif tinggi.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan, IHK pada Maret 2022 diprediksi melonjak 0,71 persen (month-to-month/mtm).

Peningkatan tersebut, kata Faisal, terutama didorong oleh kenaikan harga bahan pangan di tengah permintaan pangan yang meningkat secara musiman pada bulan sebelum Ramadhan dan pencabutan pagu harga eceran (HET) minyak goreng.

Kemudian, menurunya kasus Covid-19 varian Omicron memungkinkan pemerintah untuk melonggarkan PPKM, yang tentu meningkatkan mobilitas masyarakat. Hal ini akan menyebabkan inflasi pada sektor restoran dan transportasi.

"Selain itu, meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan akibat konflik Rusia-Ukraina menyebabkan harga emas naik," kata Faisal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/3/2022).

Faisal juga memperkirakan tingkat inflasi tahunan pada Maret 2022 mencapai level tertinggi dalam dua tahun terakhir. Secara tahunan, inflasi IHK diperkirakan akan menguat menjadi 2,69 persen (year-on-year/yoy) tertinggi sejak Maret 2020 atau awal pandemi Covid-19.

Inflasi inti juga diperkirakan akan menguat menjadi 2,34 persen yoy seiring dengan berlanjutnya pemulihan ekonomi, pelonggaran PPKM yang meningkatkan permintaan secara keseluruhan dan kenaikan harga emas di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi ekonomi indeks harga konsumen minyak goreng
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top