Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tuan Sing dan Mitsubishi Estate Bangun Mal Mewah di Karawang

The Grand Outlet East Jakarta ini akan dibangun pada lahan seluas 9 hektare dengan total biaya sekitar S$90 juta. 
Apartemen dan properti komersial Singapura, foto file 27 September 2018./Reuters
Apartemen dan properti komersial Singapura, foto file 27 September 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan Sing Holdings Limited dan Mitsubishi Estate Co. Ltd bekerja sama untuk mengembangkan sebuah luxury outlet mall internasional di atas lahan seluas 9 hektare di Karawang. 

Pembangunan luxury outlet mall internasional yang bernama The Grand Outlet East Jakarta ini menyatukan dua grup properti yang sudah ternama di wilayah ini,  masing-masing memiliki portfolio beragam di berbagai negara.

Untuk diketahui, MEC salah satu developer real estate terbesar di Jepang, mendirikan Mitsubishi Estate Asia (MEA)di Singapura pada 2008, dengan berbagai proyek di Asia Tenggara dan Oceania.

Selain di Singapura, perusahaan ini memiliki berbagai bisnis di Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Filipina, Indonesia dan Australia, dengan perkiraan nilai aset kotor saat ini sekitar S$1.558 juta. 

Di 2019, MEC memulai proyek luxury outlet mall di Thailand, yang kesuksesannya memicu peluncuran tahap kedua pembangunan di Januari 2022. 

Tidak diragukan lagi, rekam jejak luar biasa MEC akan memungkinan perusahaan ini berkontribusi pada The Grand Outlet East Jakarta dan menjamin kesuksesan pembangunannya.

Lalu Tuan Sing merupakan induk perusahaan investasi regional dengan fokus utama di pembangunan real estate, investasi real estate dan hospitality. Selama bertahun-tahun, grup perusahaan ini telah membangun portofolio aset-aset real estate berlokasi strategis di Singapura, Tiongkok, Indonesia dan Australia, serta mendapatkan reputasi untuk pembangunan yang ikonik dan berkualitas baik. 

Chief Executive Officer dari Tuan Sing William Liem mengatakan pada tahap awal pembangunan luxury outlet mall internasional bernama The Grand Outlet East Jakarta ini akan dibangun pada lahan seluas 9 hektare dengan total biaya sekitar S$90 juta. 

Pembangunan konstruksi dijadwalkan dimulai pada kuartal II tahun 2022 dengan target tanggal pembukaan pada kuartal IV tahun 2023.

Setelah konstruksi selesai, The Grand Outlet East Jakarta akan memiliki area yang disewakan dengan luas sekitar 26.000 meter persegi menampilkan sekitar 180 gerai dengan berbagai variasi penawaran ritel dan restoran. Outlet mall ini juga akan menyediakan tempat parkir yang luas untuk 1.000 mobil dan 180 sepeda motor.

Pembangunan The Grand Outlet - East Jakarta akan dilakukan oleh perusahaan joint venture dengan komposisi 50:50 yaitu PT Karawang Outlet Mall, yang juga akan mengoperasikan outlet mall tersebut. 

“Kami berbahagia bisa bermitra dengan MEC dalam membangun luxury outlet mall pertama kami di salahsatu area perekonomian Indonesia yang berkembang pesat. Kehadiran dan rekam jejak kuat kami di Indonesia, digabungkan dengan pengalaman luas MEC di bidang konstruksi dan operasional proyek-proyek ritel ternama, akan memungkinkan kami tidak hanya mensukseskan proyek ini tapi membuka pintu kesempatan untuk kolaborasi yang lain di masa depan," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (22/3/2022). 

Managing Director dari MEA kantor regional MEC untuk wilayah Asia Tenggara dan Oceania Masato Aikawa menuturkan dengan kerja sama kuat antara dua pengembang internasional berpengalaman, Tuan Sing dan MEC tentu akan membuat sukses pembangunan dan menjadi daya tarik bagi konsumen lokal yang sejahtera. 

"Di Indonesia, Tingkat PDB dan kelompok berpenghasilan lebih tinggi akan terus tumbuh, dan akan berkontribusi pada peningkatan daya beli dan permintaan pasar ritel kelas atas," katanya. 

Pembangunan The Grand Outlet East Jakarta akan menyediakan pasar high-end baru dari luxury products untuk konsumen masyarakat lokal dengan beragam merek mewah globaldan pengalaman yang berkelas dan penuh gaya.

“Melalui pengalaman beragam luxury outlet mall di Thailand dan Indonesia, MEC akan lebih jauh lagi mengembangkan bisnis outlet mall untuk memenuhi permintaan yang tinggi di wilayah Asia Tenggara dan Oceania,” ucapnya. 

The Grand Outlet - East Jakarta direncanakan akan menjadi destinasi belanja kelas dunia, di mana para pengunjung bisa menikmati terapi ritel yang berkonsep green urban space. 

Outlet mall tersebut akan menawarkan merk-merk internasional terkemuka yang menjual beragam merek pakaian mewah, tas dan koper, aksesori serta yang lainnya yang berkelas atas.

"Para penggemar layanan kecantikan dapat dimanjakan dengan berbagai perawatan holistik yang ditawarkan salon-salon kecantikan dan pusat pelayanan perawatan tubuh, sementara para pencinta kuliner bisa memuaskan indera pengecap mereka dengan berbagai macam kenikmatan gastronomi," tuturnya. 

Mitra Adiperkasa (MAP), peritel dan distributor terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 2.600 toko, adalah satu dari banyak pihak yang berminat untuk menjadi salah satu tenant besar di The Grand Outlet East Jakarta. 

MAP memiliki portfolio yang beragam meliputi olah raga, fashion, department store, perlengkapan anak-anak, makanan dan minuman serta produk lifestyle. Beberapa merek ikonik yang dinaungi oleh MAP antara lain: Starbucks, Apple, Zara, Marks & Spencer, SOGO, SEIBU, Subway, Reebok, dan lainnya.

Group CEO dari MAP V.P. Sharma menuturkan pihaknya senang bisa menjadi bagian dari The Grand Outlet  East Jakarta. Pihaknya berencana menampilkan berbagai merek-merek portfolio kami di outlet mall ini.

"Selain sebagai terapi ritel, The Grand Outlet East Jakarta akan menampilkan toko-toko popup unik dan beberapa titik lokasi ‘Instagrammable’ untuk para pecinta media sosial. Keluarga dan anak-anak bisa menikmati hiburan yang menyenangkan dan zona rekreasi," ujarnya. 

The Grand Outlet East Jakarta diposisikan secara baik untuk melayani kelas konsumen yang semakin meningkat dari demografibIndonesia yang kuat. Indonesia merupakan negara dengan potensi perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan pendapatan kotor domestik (PDB) sekitar S$1.058 triliun di 2020. Sektor ritel berkontribusi sekitar 13% dari PDB.

Menurut Worldometer, usia rata-rata penduduk Indonesia adalah 28,3 tahun. Kajian dari lembaga konsultan McKinsey menyatakan bahwa pada 2030, diestimasikan 90 juta penduduk Indonesia akan bergabung dengan ‘kelas konsumen’. Dengan demikian, permintaan barang dan jasa akan meningkat sejalan dengan pengingkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan (disposable income) dan selera yang lebih tinggi.

Dari sisi lokasi, The Grand Outlet East Jakarta terletak dengan strategis. Outlet mall ini dapat ditempuh selama satu jam berkendaraan dari Jakarta Pusat.

Bahkan,jaringan transportasi ke Karawang akan lebih baik lagi dengan dibangunnya Kereta Cepat/High Speed Rail (HSR)pertama di Indonesia yang menghubungkan dari Jakarta ke Bandung. Proyek HRS ini diharapkan dapat selesai pada akhir 2022. Stasiun Karawang, yang merupakan salah satu pemberhentian di tahap pertama, hanya berjarak sekitar 3 - 4 km dari The Grand Outlet East Jakarta.

Sebagai lokasi bisnis, Karawang telah menarik berbagai pusat perkantoran dan manufaktur dari beberapa perusahaan multinasional Jepang, seperti Toyota, Honda, Yamaha, Suzuki dan Ajinomoto.

Dalam kawasan ini juga terdapat  beberapa hotel, yaitu Novotel Karawang, Java Palace, dan Resinda Hotel Karawang. Wilayah ini juga memiliki tempat-tempat bersantai, termasuk the Lotus Lakes Golf Club dan Palm Springs Golf & Country Club Karawang Course. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper