Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik Isra Mikraj Hari Ini, Begini Imbauan untuk Pengemudi

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.
Ilustrasi-Gerbang tol Cikampek Utama/Bisnis-Akhirul Anwar
Ilustrasi-Gerbang tol Cikampek Utama/Bisnis-Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Puncak arus balik libur panjang akhir pekan diprediksi terjadi hari ini, Senin (28/2/2022). Oleh sebab itu, pengguna jalan diimbau untuk menghindari perjalanan kembali ke Jabodetabek pada hari ini.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 sampai dengan H-2 libur Isra Mikraj 2022, yakni dari Jumat (25/2/2022), sampai dengan Sabtu (26/2/2022).

Angka tersebut naik 27,12 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan, yang merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol barrier/utama, yaitu Cikupa (arah Merak), Ciawi (arah Puncak), Cikampek Utama dan Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek. Pengguna jalan juga diminta agar menghindari pulang bersamaan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi hari ini.

"Dengan meningkatnya lalu lintas di jalan tol, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku. Salah satunya, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol," ujar Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru pada siaran resmi, dikutip Senin (28/2/2022).

Selain itu, Heru menegaskan pentingnya untuk memastikan kondisi pengemudi serta kendaraan dalam kondisi prima sebelum berkendara. Dia mengimbau agar pengemudi menggunakan rest area jika mengantuk atau merasa lelah.

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. Pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas jalan tol Cipularang dan jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

"Kami juga membatasi pekerjaan proyek di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan," tuturnya.

Jasa Marga mengimbau agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan sebelum mulai berkendara, di antaranya dapat menggunakan Mobile Apps Travoy 3.0 yang berfungsi sebagai asisten digital pengguna jalan maupun informasi lalu lintas jalan tol terkini. Sementara itu, permintan pelayanan jalan tol bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 atau Twitter @PTJASAMARGA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper