Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Uni Eropa Terbuka dengan Aset Kripto, tetapi Soroti Risiko Fraud

Komisi Uni Eropa akan membuat regulasi aset kripto untuk mencegah praktif penipuan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 19 Februari 2022  |  11:18 WIB
Uni Eropa Terbuka dengan Aset Kripto, tetapi Soroti Risiko Fraud
Ilustrasi perdagangan Bitcoin. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Uni Eropa menunjukkan sikap terbuka terhadap aset kripto, termasuk Bitcoin atau digital euro, tetapi menyoroti masalah regulasi dan potensi penipuan (fraud).

Hal itu disampaikan Komisi Uni Eropa untuk Masalah Dalam Negeri Ylva Johansson dalam Munich Security Conference pada Jumat (18/2/2022).

"Saya tidak nyaman dengan mata uang digital tetapi kami perlu meregulasinya dengan cara yang tepat," katanya dikutip Bloomberg pada Sabtu (19/2/2022).

Dengan adanya penguatan regulasi, organisasi kriminal dan teroris tidak bisa mengeksploitasi anonimitas. Pernyataan tersebut memperjelas sikap Eropa yang lebih terbuka ketimbang China yang belum lama ini telah melarang sejumlah transaksi aset kripto.

Panel tersebut juga dihadiri oleh Chief Executive Officer dan salah satu pendiri pertukaran cryptocurrency FTX Sam Bankman-Fried dan pengusaha Jerman Christian Angermayer, yang turut mendirikan manajer aset Cryptology Asset Group.

Bankman-Fried mengakui bahwa risiko kriminalitas menggunakan aset kripto, tetapi mengatakan bahwa platform tersebut memiliki mekanisme pengawasan yang kuat.

Sementara itu, Angermayer mengatakan lembaga keuangan seringkali melindungi kepentingannya sendiri, tetapi miliaran orang di dunia yang masih belum memiliki rekening perbankan terputus dari sistem keuangan.

Dia mengatakan bahwa situasi dapat diperbaiki dengan proliferasi teknologi blockchain yang tertanam dalam cryptocurrency seperti Bitcoin dan kesempatan untuk mendigitalkan mata uang seperti dolar AS dan euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa cryptocurrency mata uang kripto aset kripto

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top