Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bappenas Klaim Pengembangan Ekonomi Hijau Bisa Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti menyebut bahwa pengembangan ekonomi hijau bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2030.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 09 Februari 2022  |  15:39 WIB
Bappenas Klaim Pengembangan Ekonomi Hijau Bisa Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan - Bisnis / David E. Issetiabudi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti menyebut bahwa pengembangan ekonomi hijau bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2030.

“Potensi ekonomi hijau akan menerapkan model bisnis baru. Model bisnis baru ini tentu memerlukan keahlian baru yang diperkirakan akan tercipta 4,4 juta lapangan kerja baru terkait green jobs,”katanya, Selasa (8/2/2022).

Dia menuturkan, potensi ekonomi hijau, terutama di sektor energi harus diikuti oleh ketersediaan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan industri terkait ekonomi hijau.

Oleh karena itu, pemerintah perlu membantu calon tenaga kerja mempersiapkan keahlian yang diperlukan oleh lapangan kerja baru berbasis ekonomi hijau ini.

Salah satu yang belum tergarap optimal adalah industri pengembangan sejumlah energi baru terbarukan (EBT) di dalam negeri.

Dia mencontohkan, potensi tenaga surya sebagai sumber energi di Indonesia mencapai 207,9 gigawatt (GW), tetapi baru dimanfaatkan sebesar 0,3 GW.

“Masih banyak lagi potensi EBT di Indonesia, tetapi kita masih bergantung pada energi existing. Kita perlu komitmen dan kemauan untuk menuju ke transisi energi yang lebih hijau,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bappenas lapangan kerja ekonomi hijau
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top