Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penjelasan Bos Smart Aviation, Pemilik Hanggar Malinau Pengganti Susi Air

Bos PT Smart Cakrawala Aviation menegaskan perusahaan sebagai pemilik izin sewa penggunaan Hanggar milik Pemerintah Daerah Malinau secara resmi per 1 Januari 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 Februari 2022  |  22:11 WIB
Ini Penjelasan Bos Smart Aviation, Pemilik Hanggar Malinau Pengganti Susi Air
Tangkapan layar situs resmi Smartaviation.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smart Cakrawala Aviation atau Smartaviation mengkonfirmasi kabar terpilihnya perusahaan sebagai pemilik hanggar baru di Bandar Udara Robert Atty Bessing di Malinau, Kalimantan Utara.

Direktur Utama PT Smart Cakrawala Aviation Pongky Majaya membenarkan PT Smart Cakrawala Aviation sebagai pemilik izin sewa penggunaan Hanggar milik Pemerintah Daerah Malinau secara resmi per 1 Januari 2022. Dia lantas menjelaskan kronologis pengajuan izin sewa penggunaan Hanggar tersebut sudah dipresentasikan sejak bulan September–Oktober 2021.

“Pengajuan secara resmi dilakukan pada 17 November 2021, dan pengajuan tersebut juga baru diterima oleh Pihak Pemda Malinau pada Desember 2021 dan ditandatangani oleh kedua belah pihak pada akhir Desember 2021,” jelasnya kepada awak media, Senin (6/2/2022).

Dia juga menjelaskan bahwa PT Smart Cakrawala Aviation sebagai pemilik resmi izin sewa penggunaan Hanggar Malinau pada 2022, telah bersepakat dengan Pemda bahwa PT Smart Cakrawala Aviation senantiasa menawarkan kepada operator lain agar bisa menggunakan Hanggar ini untuk kegiatan maintenance bersama-sama tanpa adanya monopoli.

“Semua maskapai tanpa terkecuali, dapat mengajukan Kerjasama Operasional penggunaan Hanggar kepada kami, under Authorized Maintenance Organization [AMO] PT Smart Cakrawala Aviation,” imbuhnya.

Pongky menilai pengajuan Kerjasama Operasional yang diajukan pasti akan diterima dengan baik, tetapi harus sesuai dengan manajemen penjadwalan dari PT Smart Cakrawala Aviation. Tentunya, klausul dalam KSO bagi calon pengguna harus menggunakan bahasa penerbangan yang dimengerti kedua belah pihak dan juga disetujui oleh DKUPPU.

“Sudah ada beberapa operator lain yang mengajukan KSO untuk menggunakan Hanggar di Malinau, namun kami juga belum bisa memastikan kapan bisa menyewakan Hanggar ini karena terkendala tanggal sampai ada serah terima dari Pemda kepada kami,” jelasnya.

Sementara itu, Executive Staff for BoD PT Smart Cakrawala Aviation Jois Christine menuturkan jika proposal pengajuan yang dipresentasikan PT Smart Cakrawala Aviation kepada Pemda tentunya bertujuan untuk memajukan penerbangan Malinau.

“Kami juga telah memberikan kesempatan kepada salah satu putra daerah Malinau yang saat ini sedang melaksanakan training Pilot di perusahaan kami. Tidak hanya pilot, kami bersama Pemda juga sepakat untuk menyeleksi beberapa kandidat calon engineer, yang nantinya akan disekolahkan di Pulau Jawa dengan harapan nantinya mereka bisa membantu bekerja di Hanggar tersebut,” jelas Jois.

Sebagai informasi PT Smart Cakrawala Aviation adalah AOC 135-062 (Aircraft Operating Certificate) yang berdiri pada 8 Desember 2016. Saat ini PT Smart Cakrawala Aviation telah mengoperasikan 10 unit pesawat Cessna Caravan C208, 2 unit pesawat Pilatus Porter PC6, dan 1 unit helikopter Airbus H130. Pengoperasian semua unit pesawat ini dilaksanakan di Kalimantan dan Papua area.

Adapun beberapa kegiatan operasi yang dijalankan PT Smart Cakrawala Aviation antara lain; Aerial Survey, Aerial Photography, Aerial Patrol, Cargo Flight, Passenger Flight, Medical Evacuation, dan VIP Charter.

PT Smart Cakrawala Aviation juga memiliki AMO 145-1003 (Authorized Maintenance Organization) yang bergerak di bidang MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) dengan base Maintenance di Singkawang, Kalimantan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malinau penerbangan perintis susi air Smartaviation
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top