Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terdongkrak Penjualan Otomotif, Kinerja Penjualan Ban Hankook Moncer

Hankook Tire menggarap hampir semua segmen mobil yang gemuk, seperti MPV, LCGC, dan SUV.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 04 Februari 2022  |  08:37 WIB
Roda mobil.  - Hankook
Roda mobil. - Hankook

Bisnis.com, JAKARTA - Industri otomotif yang semakin pulih memberikan semangat baru bagi seluruh pelaku industri terkait dalam ekosistem ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan wholesales sepanjang 2021 mencapai 887.202 unit,  atau naik 66 persen dari periode sebelumnya. 

Sedangkan dari sisi penjualan ritel, Hankook menorehkan penjualan sebesar  863.358 unit atau naik 49,3 persen dibanding tahun 2020. 

Produsen ban global asal Korea Selatan yang di Indonesia diwakili  PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) telah membukukan penjualan tahun 2021 dengan positif. Secara kualitatif, Hankook menorehkan peningkatan penjualan sebesar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya untuk seluruh segmen produk, PCR (mobil penumpang), LT (truk ringan), dan TBR (truk dan bus atau kendaraan komersial).

Hankook mencatat peningkatan di hampir semua wilayah distribus. Untuk model kendaraan penumpang, Hankook menawarkan produk-produk kompetitif untuk sedan premium dan SUV seperti Ventus S1 Evo3 K127, Dynapro AT2 RF11, Ventus RS4 Z232, dan Dynapro MT2 RT05, serta ban ramah lingkungan untuk mobil MPV dan LCGC. Untuk model truk ringan, Hankook menawarkan SmartFlex AH35 dan Smart AM09, sementara untuk model truk dan bus berat, Hankook punya produk andalan Smart AH31 dan AH30.

“Kami ingin menyambut 2022 dengan lebih optimis, namun tetap adaptif dengan pergerakan pasar. Fundamental eksistensi Hankook di Indonesia masih berfokus untuk pasar ekspor, namun sejak beberapa tahun terakhir kami terus menggenjot penjualan domestik. Salah satu strategi kami, program Sell-in Shop  cukup efektif mendorong penjualan domestik dengan partisipasi lebih dari 700 mitra distributor kami.” ujar Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, dikutip dari rilis, Jumat (4/2/2022). 

Hankook Tire juga antusias dan siap berkomitmen dalam mendukung pasar kendaraan listrik di Indonesia. “Kami percaya seluruh pihak perlu ambil bagian dalam mendukung percepatan era kendaraan listrik di Indonesia. Tantangan terbesar kita saat ini adalah membuat kendaraan listrik lebih accessible, baik secara pemasaran maupun harga. Untuk itu, kami sangat terbuka dengan dialog dan potensi kerjasama dengan para manufaktur kendaraan listrik di Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut.” ujar Yoonsoo.

Terdapat produk yang khusus digunakan mobil listrik yaitu Hankook Kinergy AS EH01. Produk ini merupakan salah satu ban mobil listrik Hankook yang mendapatkan respon positif di pasar global, mengusung teknologi Hankook Electric Mobility (HEM).

Ban ini memiliki kualitas durabilitas berkat sabuk aramid yang diperkuat, yang mencegah torsi pada kontak di permukaan. Ban ini juga memiliki kemampuan cengkraman jalanan basah yang baik berkat Aqua Pine Technology Natural, material kompon khusus dari ekstrak tumbuhan runjung yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaikindo hankook industri ban
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top