Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Laba Operasi Hankook Tire Turun 32,2 Persen, Gangguan Rantai Pasok Jadi Pemicu

Hankook Tire mengungkapkan tantangan ekonomi global yang tidak menentu pada kuartal pertama tahun 2022, membuat perusahaan mengalami penurunan laba operasi sebesar 32,2 persen secara tahunan atau year on year (yoy).
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  12:04 WIB
Roda mobil.  - Hankook
Roda mobil. - Hankook

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan ban global asal Korea Selatan Hankook Tire mengumumkan laporan keuangan perusahaan pada kuartal 1/2022 dengan penjualan secara global mencapai 1.790,6 miliar won dan laba operasional sebanyak 126,0 miliar won.

Dalam siaran pers, Kamis (26/5/2022), Hankook Tire mengungkapkan tantangan ekonomi global yang tidak menentu pada kuartal pertama tahun 2022, membuat perusahaan mengalami penurunan laba operasi sebesar 32,2 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

"Sebagian besar penurunan laba tersebut disebabkan oleh gangguan rantai pasokan dunia yang masih berlanjut, kenaikan harga bahan baku, lonjakan kasus Covid-19, dan masalah geopolitik," papar manajemen dalam rilisnya.

Kendati demikian, aktivitas penjualan perusahaan terus meningkat sebanyak 10,8 persen yoy berkat strategi penetapan harga (pricing strategy) dan distribusi produk yang efektif di wilayah utama penjualan.

Secara khusus, penjualan dominan terdapat di segmen produk ban mobil penumpang high-inch (ukuran ± 18 inci) yang menyumbang 39,0 persen dari seluruh penjualan dengan kenaikan 1,3 persen secara yoy.

Adapun secara regional, Korea, China, dan Eropa memiliki pertumbuhan penjualan yang signifikan. Pangsa pasar ban high-inch untuk mobil penumpang di China sebanyak 49,1 persen, persentase ini naik 8,6 persen secara yoy, sedangkan pasar Korea dan Eropa masing-masing meningkat 2,3 persen dan 0,9 persen yoy.

Sementara itu, Hankook mengungkapkan pasar AS menunjukkan pemulihan yang stabil pada kuartal pertama dengan lonjakan penjualan ban pengganti (replacement tire) melampaui permintaan pasar.

Di sisi lain, perusahaan ban asal Korea Selatan ini terus memperluas portofolionya dengan menyediakan ban original equipment (OE) kendaraan komersial khusus untuk beberapa model andalan dan kendaraan listrik dari produsen mobil premium.

Pada semester pertama ini, perusahaan mulai memasok ban OE untuk BMW i4, yaitu Gran Coupé bertenaga listrik dengan empat pintu, serta sedan kelas mewah Mercedes Benz S-Class.

Selain itu, Hankook telah memperkenalkan iON (diucapkan sebagai /ai'on/) sebagai varian ban pertamanya yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berperforma tinggi.

Produk iON akan tersedia dalam tiga desain saat peluncuran pasar (ukuran 18 dan 22 inci) di Eropa mulai Mei 2022 sebagai ban musim panas yakni Hankook Ventus iON S. Selanjutnya pada September 2022 untuk ban musim dingin sebagai Hankook Winter i*cept iON.

Lebih lanjut, perusahaan memastikan ban Hankook Ventus iON A akan tersedia sebagai versi sepanjang musim untuk pasar Amerika Utara.

Tahun ini, Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dobel digit dan peningkatan porsi penjualan ban high-inch sebanyak 42 persen dari total penjualan ban mobil penumpang.

"Hankook akan mempertajam fokusnya untuk menguasai segmen ban kendaraan listrik, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil terkemuka, serta memperluas saluran distribusi dan penjualan regional," papar manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laba ban mobil hankook
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top