Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sawit Watch: Sawit Itu Monokultur, Bukan Tanaman Hutan

Sawit Watch menilai kelapa sawit adalah monoluktur dan tidak bisa masuk dalam kategori tanaman hutan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  06:00 WIB
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis - Nurul Hidayat
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Deputi Direktur Sawit Watch Achmad Surambo menilai negatif usulan sawit sebagai tanaman hutan terlantar yang diajukan oleh IPB University bersama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Achmad berpendapat usulan itu justru bakal merusak keanekaragaman hayati hutan saat dialihfungsikan pada tanaman sawit yang dikenal monokultur.

“Secara lingkungan sawit itu monokultur sudah jelas orang sudah mengenal itu jadi masuk ke dalam tanaman perkebunan bukan hutan,” kata Achmad, Kamis (27/1/2022).

Ihwal solusi untuk menyelesaikan tumpang tindih lahan sawit di kawasan hutan, Achmad mengatakan, pemerintah sudah memiliki Strategi Jangka Benah (SJB) untuk mengalihkan perkebunan sawit itu menjadi hutan.

“Bagaimana perkebunan sawit rakyat itu diganti menjadi hutan tanpa mengorbankan ekonomi masyarakat, jadi sebenarnya masalah ini sudah selesai,” kata dia.

Hanya saja, dia mengatakan, implementasi penyelesaian klaim perkebunan sawit di kawasan hutan itu masih belum optimal dikerjakan oleh pemerintah.

“Memang harus konsisten, kalau ada kebijakan dengan usulan kawan-kawan [Apkasindo] ini jadi justru jadi tidak konsisten,” kata dia.

Apkasindo melaporkan permasalahan klaim sawit yang berada di kawasan hutan terjadi merata di 22 provinsi di seluruh Indonesia. Malahan, berdasarkan catatan Apkasindo, luas tutupan sawit dalam kawasan hutan milik petani rakyat mencapai 2,78 juta hektare hingga akhir 2021.

Adapun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat luas tutupan sawit yang berada di kawasan hutan secara keseluruhan menyentuh di angka 3,4 juta hektare hingga akhir lalu.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat Manurung meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kelapa sawit sebagai tanaman hutan kritis atau terlantar untuk menyelesaikan polemik klaim tumpang tindih sawit rakyat di kawasan hutan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kelapa sawit
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top