Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Sanur Bangun Gedung Terminal Penumpang, Investasi Rp398 Miliar

Kemenhub menuturkan pembangunan gedung terminal penumpang Pelabuhan Sanur rampung pada Mei 2022 dengan investasi Rp398 miliar.
Proyek pembangunan gedung terminal penumpang Pelabuhan Sanur./ Dok. BKIP Kemenhub
Proyek pembangunan gedung terminal penumpang Pelabuhan Sanur./ Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Pelabuhan Sanur segera memiliki gedung terminal penumpang yang rampung pada Mei 2022 dengan investasi hingga Rp398 miliar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pembangunan gedung terminal ini merupakan bagian dari proyek pembangunan Pelabuhan Sanur yang tengah dikerjakan.

Menurut Menhub dengan dibangunnya gedung terminal Pelabuhan Sanur, diharapkan akan semakin menarik perhatian masyarakat dan minat wisatawan untuk berlibur di kawasan yang dikenal dengan sebutan Segitiga Emas yaitu Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan.

Sebelumnya, kapal-kapal di Sanur berlabuh tanpa dermaga. Dengan adanya pelabuhan ini dapat meningkatkan aspek keselamatan dan kenyamanan dan menjadi budaya baru dalam bertransportasi.

"Saat selesai nanti, para tamu dan wisatawan bisa dilayani dengan fasilitas terminal yang lebih layak dan bisa untuk penjualan kuliner khas Bali yang enak,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (24/1/2022).

Menhub pun meminta agar pengerjaan gedung terminal dapat diselesaikan dengan tepat waktu dengan kualitas yang baik.

Pembangunan Pelabuhan Sanur telah dimulai sejak Desember 2020 yang meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan pekerjaan konstruksi (fisik). Pembangunan dilakukan dalam periode tahun anggaran jamak (multiyears) 2020-2022, yang bersumber dari APBN Kemenhub dengan total anggaran Rp398 miliar.

Adapun pekerjaan konstruksi (fisik) Pelabuhan Sanur yang dilakukan oleh Hutama-Bangun-Virama KSO ini meliputi : Pekerjaan Persiapan; Pekerjaan Breakwater 1 (Sisi Selatan); pekerjaan Breakwater 2 (Sisi Utara); Pekerjaan Pengerukan; Pekerjaan Talud; Pekerjaan Dermaga Apung; Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Darat (gedung terminal); Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi; dan Pekerjaan Lain-Lain.

Saat ini progres pembangunan Pelabuhan Sanur sudah mencapai 42,4 persen. Secara keseluruhan, ditargetkan pembangunannya rampung pada pertengahan 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper